free page hit counter

Seperti Dongeng, Warga Satu Desa Tertidur Berhari-hari

Loading...

Suarasiber.com – Dalam film Maleficent, ada seorang putri yang dikutuk dan tidur sekian lama. Namun kisah berikut ini bukan dongeng atau film, melainkan kenyataan yang ada di Kalachi.

Kalachi adalah sebuah desa kecil di Kazahstan yang terserang penyakit aneh. Warganya bisa toba-tiba terserang kantuk dan tidur selama enam hari. Jika sudah tertidur, mereka sulit untuk dibangunkan.

Warga mengalami hal aneh ini dalam rentang waktu 2012 sampai 2015. Berdasarkan penelitian, penyakit tidur lama ini dialami satu dari 10 warga Kalachi.

Dilaporkan oleh Times Now News, ada 20 warga tak sadarkan diri selama beberapa hari. Mereka kemudian dibaringkan satu baris di desa yang memiliki populasi 600 jiwa tersebut.

Pengakuan warga yang terserang, tubuhnya lemah, kakinya berat dan kepala berputar. Bahkan ada yang memberikan penjelasan mengalami perasaan seperti layaknya orang mabuk.

Sejumlah dugaan lalu bermunculan untuk menjelaskan penyakit yang belakangan disebut dengan “sleepy hollow”. Ada yang mengatakan hal ini lantaran Kalachi terletak di dekat tambang uranium era Uni Soviet. Beberapa ahli mengatakan, kemungkinan hal itu disebabkan keracunan air atau histeria massal.

Dilansir dari detik.com, sebuah film dokumenter yang dirilis oleh Russia Today mengungkapkan bahwa banyak laporan penyalahgunaan tambang yang akhirnya ditutup pada periode 1980-an.

Limbah dari perusahaan tersebut disinyalir mengontaminasi sungai lokal dan menyebabkan merebaknya penyakit.

Kementerian Kesehatan Kazakhstan dan hasilnya ada beberapa senyawa yang terkandung dalam udara yang bisa jadi sumber masalahnya. Kemungkinan ada hubungan antara penyakit langka itu dan konsentrasi tinggi dari senyawa yang tumbuh selama musim panas di ruang bawah tanah dan rumah dengan ventilasi buruk.

Tes dilakukan petugas Kementerian Kesehatan setempat di rumah warga yang terserang penyakit ini. (mat)

Loading...