Liverpool 1-1 West Bromwich Albion, Catenaccio Big Sam Redam Gegenpressing Klopp

Loading...

Suarasiber.com – Duel Liverpool vs West Bromwich Albion (WBA) berakhir dengan skor 1-1, Minggu (27/12/2020) pukul 23.30 WIB di Anfield Stadium.

Sadio Mane mencetak gol Liverpool menit ke-12 dan dibalas bek WBA Ajayi menit 82. Hasil seri tak mengubah posisi kedua tim.

Liverpool tetap di puncak dengan 32 poin dari 15 laga. Dan, WBA di posisi 19 dengan 8 poin dari 15 laga. Sekaligus poin pertama bagi Big Sam, pelatih baru WBA.

Big Sam juga membuktikan ucapannya sepetti dirilis suarasiber.com sebelum laga, bahwa dia akan membuat pemain Liverpool frustasi.

Caranya dengan membuat pertahanan sangat rapat. Dan, tidak mau melayani permainan terbuka seperti yang dilakukan Crystal Palace sebelumnya.

Begitu rapatnya hingga para pemain Liverpool sangat kesulitan melepaskan tembakan ke gawang WBA. Karena, berulangkali seluruh pemain WBA menumpuk di sekitar kotak penaltinya sendiri.

Sebaliknya, para pemain WBA begitu cepat menyerang balik saat menguasai bola. Dan, berulangkali membuat gawang Alisson terancam.

Taktik catenaccio ala Big Sam itu terbukti mampu meredam gegenpressing ala Klopp di laga tersebut.

Statistik hasil laga menunjukkan hal itu. Liverpool melepaskan 17 tembakan ke gawang WBA, tapi hanya 2 yang tepat sasaran.

Sebaliknya, WBA hanya mampu melepas 5 tembakan ke gawang The Reds. Namun, 3 diantaranya tepat sasaran. Bukti sahih betapa rapatnya pertahanan WBA.

Pertahanan rapat yang membuat 79 persen penguasaan bola dan 772 umpan yang dilepas pemain Liverpool, menjadi tak berguna.

WBA hanya 21 persen menguasai bola dan cuma 213 kali umpan atau sekitar sepertiga milik Liverpool.

Hasil akhir 1-1 jadi bukti, Liverpool dan Klopp berulangkali kesulitan melawan tim yang menggunakan taktik bertahan total. (mat)

Loading...