Wamenag Buka MTQ Kepri VIII

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid membuka secara Resmi Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran VIII Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2020 di Dataran Gurindam 12, Depan Gedung Daerah Tanjungpinang, Sabtu (19/9/2020) malam.

Tauhid mengatakan MTQ sebagai kesempatan untuk membangkitkan kembali kebersamaan dalam bingkai NKRI. Indonesia dengan jumlah muslim terbesar di dunia mempunyai punya warisan Islam yang sangat kaya sehingga menjadi, salah satu kiblat perkembangan Islam di dunia.

“MTQ sarat akan nilai kebesamaan dan kerukunan serta toleransi karena MTQ tidak identik dengam islam saja, namun dalam pelaksnaannya banyak melibatkan banyak tokoh agama lain,” katanya.

MTQ, sebutnya, merupakan momen untuk melahirkan qari dan qariah andal. Harus diakui telah banyak tokoh besar yang lahir dari perhelatan MTQ, kiprahnya telah mendunia dan membawa harum nama bangsa di tingkat Internasional.

Sementara itu Gubernur Kepulauan Riau H Isdianto berharap MTQ dapat meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan serta kecintaan masyarakat untuk belajar dan menghayati isi yang terkandung di dalam Al-Qur’annul karim.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membina sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dari aspek keimanan, ketaqwaan dan akhlakul karimah serta sebagai persiapan untuk mengikuti MTQ Tingkat Nasional ke- 28 pada bulan November 2020 di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat,” jelasnya.

Pada MTQ ke-27 di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara yang lalu, Provinsi Kepri masuk pada peringkat 10 besar dan berada pada urutan ke-4 dari 33 provinsi seluruh Indonesia.

Selama penyelenggaraannya, 19 sampai 23 September 2020, Isdianto berharap semua pihak menjaga protokol kesehatan. (mat)

Loading...