Plt Gubernur Kepri Terima Penghargaan di Hari HAM Sedunia

Loading...

BANDUNG (suarasiber) – Provinsi Kepri dinobatkan sebagai Provinsi Pembina Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM). Penghargaan diterima Plt Gubernur Kepri H Isdianto dari Menkopolkam Mahfud MD di Gedung Merdeka, Bandung, Selasa (10/12/2019).

Mendapatkan penghargaan, Isdianto menerangkan jika Kepri berkomitmen memberikan pelayanan yang peduli HAM. Terlebih untuk pelayanan dasar baik pendidikan, kesehatan maupun perlindungan anak dan perempuan.

Di tempat sama, Menkumham Yassona Laoly menjelaskan jika penghargaan ini mulai diberikan sejak 2013 silam. Tujuannya memotivasi pemenuhan hak dasar kesehatan, pendidikan, perempuan anak, pekerjaan merujuk pada peran dan tanggung jawab penghormatan atas HAM sesuai dengan capaian yang diraihnya.

Sementara Dirjen Hak Asasi Manusia Kemenkumham, Mualimin Abdi mengatakan penghargaan bagi kepala daerah diperlukan yang bertujuan memotivasi dan menjadi pendorong pemenuhan hak dasar masyarakat.

“Ini bukan kompetisi tapi kami serius menilainya,” kata Mualimin.

Selain Kepri, ada 21 daerah lainnya yang juga mendapatkan penghargaan karena dinilai peduli terhadap HAM dalam pelayanan publik. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) sampai tahun ini mencatat baru 271 dari 516 kabupaten/kota yang melaksanakan komitmennya dalam pemenuhan hak dasar masyarakat di wilayahnya. (man)

Loading...