Virus Corona Makin Mengganas di Batam, 11 Lagi Positif

Loading...

BATAM (suarasiber) – Ganasnya virus corona (Covid-19) di Batam, Kepulauan Riau belum terhadang. Terkini, 11 orang di Batam, yang terdiri dari pria dan 3 wanita yang positif terinfeksi, Senin (18/5/2020).

Dengan penambahan ini, maka jumlah positif Covid-19 di Batam menjadi 65 orang. Perinciannya, 25 dirawat, 4 dikarantina, 29 sembuh dan 7 meninggal.

HM Rudi, Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam dalam keterangan persnya, mengatakan data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam.

Dan, berdasarkan hasil tracing closes contact yang terus berlangsung dari klaster terkonfirmasi positif kasus nomor 32 dan Nomor 35, yang telah meninggal dunia.

Kemudian, dari kasus nomor 49, yang saat ini masih dalam perawatan di ruang isolasi rumah sakit swasta di Kota Batam.

HM Rudi, yang juga Wali Kota Batam memprediksi kasus positif corona masih akan terus tumbuh.

Dasar prediksi itu, adalah hasil penyelidikan epidemiologi yang dilakukan terhadap seluruh cluster terkonfirmasi positif Covid-19. Kesimpulan sementara, adalah bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster yang ada.

Maupun kasus baru yang terjadi, baik dari transmisi lokal maupun import. Hal ini mengingat masih banyak masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol. Dan, imbauan dari pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit Covid-19.

Penambahan 11 kasus positif di Batam, sekaligus menambah jumlah kasus positif di Kepri menjadi 127 kasus, ternasuk 29 kasus di RS Khusus di Pulau Galang.

Selain di Batam, 6 kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Kepri tidak mengalami penambahan. Bahkan 4 daerah sudah berlabel hijau, yakni Natuna, Anambas, Lingga dan Bintan.

Sedangkan, Batam dan Tanjungpinang masih merah. Dan, Karimun kuning. Khusus untuk Kota Tanjungpinang ada 28 pasien reaktif hasil rapid test Covid-19. Mereka masih menunggu hasil swab test. (mat)

Loading...