Cara Berlebaran Online untuk Warga Perumahan di Masa Covid-19 dengan Google Hangouts Meet

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Lebaran tahun ini memilih untuk tidak keluar rumah karena masih banyak Orang Tanpa Gejala (OTG) belum terdeteksi? Juga upaya menjaga diri dari tertular atau menularkan Covid-19? Berlebaran online saja.

Kali ini suarasiber akan membahas salah satu aplikasi yang bisa bisa digunakan untuk berlebaran jarak jauh. Basisnya video, jadi bukan hanya bisa mendengarkan suara. Namun juga bisa bertatap muka dengan siapa saja yang dipilih untuk ikut bergabung.

Namanya Google Hangouts Meet yang bisa diunduh melalui Play Store di Android.

Mau menggunakan Google Hangouts Meet untuk bersilaturahmi dengan tetangga perumahan, keluarga di seberang lautan atau teman-teman lama? Ikuti panduannya di bawah ini.

  • Pertama unduh aplikasi Google Hangouts Meet yang simbolnya kamera video.
  • Setelah diinstal, jalankan di ponsel Android Anda.
  • Silakan login dengan akun Gmail Anda.
  • Selanjutnya Anda akan menerima tautan, nomor dan juga PIN yang harus Anda share ke orang-orang yang ingin diajak video conferensi. Tap saja tombol share.
  • Untuk mengirimkan tautan tadi silakan gunakan aplikasi seperti WhatsApp, SMS, atau lainnya. Tuliskan juga pesan biar yang menerima tautan paham, misalnya: lebaran online warga perumahan Indah Wangi, jangan lupa gabung ya Bapak/Ibu tanggal sekian jam sekian. Terima kasih.
  • Yang menerima tautan bisa langsung klik tautan, ia harus masuk dengan akun Gmail kemudian menekan tombol join atau gabung.
  • Orang yang mengirimkan tautan harus menyetujui permintaan gabung yang dikirimkan.
  • Selanjutnya akan muncul di layar ponsel siapa saja yang telah bergabung di Google Hangouts Meet.

Orang yang mengirimkan tautan pertama disebut host atau pengandali. Ia memiliki akses untuk menerima atau menolak permintaan bergabung ikut video conferensi.

Saat Anda berada dalam satu video conferensi, siapa yang bicara maka vido dirinya yang otomatis muncul di tengah layar.

Untuk itu sebaiknya Host melakukan pengaturan agar tidak semua orang ingin bicara bersamaan, karena videonya akan tumpuk menumpuk.

Misalnya, host berbicara, mempersilakan penghuni perumahan tertua untuk membuka lebaran online. Lalu pembaca doa membacakan doanya terakhir.

Dengan demikian maka jalannya video conferensi akan teratur dan tertib.

Selamat berlebaran online bagi yang ingin melakukannya, semoga Covid-19 tidak mengurangi rasa lebaran seperti biasanya. (man)

Loading...