Tertinggi! Sehari 973 Positif Corona di Indonesia, Epidemiolog Sebut Menuju Puncak

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Bagi yang mengira Indonesia aman-aman saja terhadap penyebaran virus corona agaknya harus melihat kenyataan. Dalam sehari ada 973 kasus positif baru, bayangkan!

Ini terjadi pada Kamis (21/5/2020) hingga pukul 12.00 WIB. Pemerintah pun mengatakan angka tersebut adalah yang tertinggi.

Jubir pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, menyebutkan ini adalah peningkatan yang luar biasa.

“Kasus konfirmasi positif hari ini mencapai 20.162, 4.838 orang sembuh, dan 1.278 orang meninggal,” kata Yuri melalui kanal YouTube BNPB, Kamis (21/5/2020).

Membaca angka tersebut, Epidemiolog Universitas Indonesia (UI) menilai akan ada jumlah yang lebih tinggi lagi karena Corona di Indonesia sedang menuju puncak kasus.

“Lagi naik ini menuju puncak (kasus). Mungkin ada angka yang lebih tinggi,” kata Epidemiolog UI, Pandu Riono yang dihubungi detik.com, Kamis (21/5/2020).

Melansir dari portal tersebut, Pandu mengatakan kasus tertinggi dari Jawa Timur itu disebabkan karena angka penularan saat ini masih tinggi.

Menurutnya, penularan yang masih tinggi disebabkan karena masyarakat masih banyak yang tidak patuh terhadap pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Jadi peningkatan itu kan dari perilaku pelanggaran PSBB yang tidak dipatuhi, kerumunan-kerumunan masih banyak, masyarakat tidak stay at home. Kira-kira 10 hari atau 2 minggu lalu jadi meningkatnya sekarang,” katanya. (man)

Loading...