Tak Terpengaruh Covid-19, Petani Lingga Kejar Musim Tanam Kedua

Loading...

DAIKLINGGA (suarasiber) – Wabah virus corona (covid-19), terbukti tak membuat produktivitas petani Lingga susut. Usai panen raya, para petani di Lingga,kini langsung menargetkan musim tanam kedua tahun 2020.

Sedikitnya, sudah ada empat desa yang melaporkan kesiapan petaninya melakukan penanaman pada areal sawah yang sudah dilakukan pengolahan.

“Hari ini saya dapat laporan, sudah ada empat desa yang telah siap memasuki musim tanam kedua tahun ini,” kata Bupati Lingga, Alias Wello kepada suarasiber.com, Senin (20/4/2020).

Keempat desa tersebut, Alias Wello, yakni Desa Lanjut di Kecamatan Singkep Pesisir, Desa Sungai Besar di Kecamatan Lingga Utara, Desa Kerandin dan Desa Bukit Langkap di Kecamatan Lingga Timur.

“Saya berharap, keempat desa ini juga bisa berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan masyarakat Lingga seperti halnya Desa Panggak Darat yang baru selesai panen raya,” ujarnha.

Kepada para penyuluh pertanian, Alias Wello meminta untuk mengambil langkah – langkah antisipasi dan koordinasi dengan Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan. Untuk, memastikan ketersediaan sumber – sumber air bagi pengairan sawah pada keempat desa tersebut.

Sebab, imbuhnya, berdasarkan prakiraan kondisi iklim dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang dirilis Kementerian Pertanian, wilayah Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, diperediksi akan mengalami musim kemarau lebih kering dari normalnya.

“Prakiraan cuaca dari BMKG ini harus kita jadikan rujukan. umuntuk menyiasati kondisi iklim Lingga yang diprediksi mengalami kemarau lebih kering dari biasanya,” katanya. (aip)

Loading...