Rumah Sakit Galang Dibuka, 6 April 2020, tapi Tak Bisa Langsung Operasional

Loading...

BATAM (suarasiber) – Tjetjep Yudiana (Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19  Provinsi Kepulauan Riau) dan juga Kadis Kesehatan Kepri, mengatakan Rumah Sakit Khusus (RSK) Infeksi di Galang, Batam, Provinsi Kepri akan dibuka, Senin (6/4/2020).

Meski dinyatakan dibuka, namun tidak dapat langsung menerima pasien. Karena, pihak pengelola rumah sakit masih melakukan penyesuaian.

Termasuk, uji fungsi berbagai peralatan medis dan uji tugas SDM di setiap bagian yang dipersiapkan.

“Ini membutuhkan waktu sekitar sepekan sebelum menerima pelayanan pasien covid19,” kata Tjetjep sebagaimana disampaikannya melalui rilis, Minggu (5/4/2020).

Dalam rilisnya kepada media, Tjetjep, menjelaskan sejumlah hal. Selengkapnya, adalah:

1. Tiga klaster di RSK Galang, yakni Klaster Orang Tanpa Gejala (OTG), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan ICU bertenanan negatif untuk pasien positif covid-19.

Klaster OTG untuk 260 kamar, Klaster PDP sebanyak 100 kamar dan 20 kamar ICU untuk pasien positif covid-19.

2. Sekitar 50 tenaga medis dan paramedis yang menjadi sukarelawan siap diterjunkan. Dan, Kementerian Kesehatan akan mengirimkan sekitar 100 tenaga medis dan paramedis untuk memperkuat SDM di RSK Infeksi di Galang.

Sementara, untuk tenaga nonmedis yang dibutuhkan di rumah sakit sudah mulai direkrut sejak beberapa pekan lalu. Hal itu menjadi tanggungan pemerintah daerah Pemprov Kepri dan Pemko Batam.

3. Kapasitas RSK Infeksi di Galang direncanakan dapat mencapai seribu ruangan. Namun, pengembangannya disesuaikan dengan kebutuhan.

RSK Infeksi di Galang di bawah kendali Kodam I/Bukit Barisan. Struktur organisasi rumah sakit telah dibentuk oleh Pangdam I/Bukit Barisan.

4.Operasional RSK Infeksi di Galang akan dimulai pada 6 April 2020. Namun, tidak serta merta dapat langsung menerima pasien.

5. Kepada rumah sakit rujukan dan yang memberi pelayanan terhadap pasien covid-19 diminta untuk tetap memberikan pelayanan kepada pasien covid-19. Dan, jangan lantas segera merujuk ke RSK Infeksi di Galang.

Komunikasi antara rumah sakit rujukan dengan manajemen RS Galang sangat diperlukan agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. (mat) 

Loading...