free page hit counter

Rumah Sakit Covid-19 di Pulau Galang, Batam Selesai 28 Maret 2020

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Selain mengungkapkan adanya obat untuk pasien covid-19, Presiden Joko Widodo (Jokowi), juga mengatakan pemerintah juga sedang mempersiapkan infrastruktur-infrastruktur pendukung. Di antaranya, rumah isolasi dan rumah sakit.

Wisma Atlet Kemayoran siap dijadikan rumah sakit darurat covid-19 dan juga sebagai rumah isolasi, Sabtu malam, 21 Maret 2020. Kemudian, Pulau Sebaru dan Pulau Galang juga disiapkan untuk menjadi ruang karantina dan observasi dan isolasi.

“Untuk Pulau Galang akan selesai dibangun, Sabtu, 28 Maret 2020. Kapasitas rumah sakit rujukan akan terus ditingkatkan dan ditambah. Baik dari sisi ruang, dari sisi peralatan, obat, dan SDM,” kata Jokowi  saat konferensi pers yang dirilis situs resmi Setkab, Jumat (20/3/2020).

Kementerian PUPR tengah mempercepat pembangunan fasilitas observasi, penampungan dan karantina. Untuk pengendalian infeksi penyakit menular, terutama covid-19 di Pulau Galang. Lokasinya di bekas penampungan pengungsi Vietnam, sekitar 56 kilometer dari Kota Batam.

Fasilitas di atas areal seluas 20 hektare ini terdiri atas Zona A yang meliputi gedung penunjang seperti mes petugas, dokter dan perawat, gedung sterilisasi, gedung farmasi, gedung gizi, laundry, gudang dan power house.

Zona B yang terdiri atas fasilitas penampungan dan pendukung seperti ruang isolasi, ruang observasi, laboratorium, ruang sterilisasi, GWT, Central Gas Medik, instalasi jenazah, landasan helikopter, dan zona utilitas. Terakhir Zona C disiapkan untuk tahap berikutnya bila dibutuhkan, memanfaatkan cadangan lahan.

Kebutuhan air bersih untuk fasilitas bersumber dari Waduk Monggak Rempang. Jaringan pipa transmisi air baku sepanjang 13,8 kilometer dari waduk telah terpasang.

Jokowi menambahkan, rumah sakit TNI, rumah sakit Polri dan rumah sakit BUMN yang ada di daerah-daerah terinfeksi juga telah disiapkan sebagai rumah sakit covid-19.  Rumah sakit swasta juga akan diajak serta untuk berpartisipasi dan ditingkatkan kemampuannya.

“Saya akan menggerakkan seluruh kekuatan pemerintah dan kekuatan negara dan bangsa untuk mengatasi kesulitan ini, baik permasalahan kesehatan dan masalah sosial ekonomi yang mengikutinya,” tegas Jokowi. (mat) 

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...