Ini Cara Mengamankan Akun Instagram dari Copet Digital

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Copet zaman old cuma mengincar dompet. Di zaman now, mereka juga mengincar akun media sosial seperti Instagram. Karenanya akun Instagram harus diamankan dari copet digital (codi).

Codi punya seribu jurus untuk mencopet gembok media sosial (medsos) milik siapapun. Dan berbagai macam akun lainnya. Biasanya, tujuannya untuk urusan tipu menipu dan peras memeras.

Baca Juga: Kemenpar Sosialisasikan Online Single Submission

Lantas bagaimana supaya medsos Anda, aman? Ini jurus untuk mengamankan khusus untuk aplikasi Instagram. Seperti dirilis suarasiber.com dari akun Instagram @ccicpolri. Yang merupakan akun resmi Dittipidsiber Bareskrim Polri.

Ini jurus-jurus yang harus dilakukan, agar aktivitas digital di Instagram aman dari codi:

Kekuatan Password

Saat Anda membuat password untuk akun Instagram, pastikan bahwa Anda menggunakan kombinasi yang rumit namun mudah untuk diingat.

Sedikit tricky, tapi Anda bisa melihat fitur indikator password yang tersedia. Jika tertulis ‘weak’ alias lemah atau ‘medium’, jangan puas dulu. Pastikan indikator itu tertulis ‘strong’

Secara Berkala Ganti Password

Rajin-rajin ganti password. Karena, password yang kuat juga akan menjadi lemah kalau jarang di-update. Pastikan, Anda menyisihkan waktu secara berkala untuk mengubah password Anda.

Aktifkan TFA

TFA alias Two Factor Authentication, adalah fitur verifikasi berlapis yang disiapkan banyak penyedia aplikasi, termasuk instagram.

Baca Juga: Instagram Promo, Cara Promosi di Instagram

Untuk mengaktifkan fitur ini, anda perlu masuk ke bagian ‘setting’ -> ‘security’ >> ‘get started’ >> lalu aktifkan salah satu atau kedua opsinya.

Ingat, jangan pernah tampilkan email dan nomor ponsel yang dipakai untuk TFA di profil Anda.

Amankan Email Anda

Setelah semua aman, pastikan Anda juga mengamankan email yang dipakai untuk kebutuhan keamanan akun instagram Anda.

Passwordnya harus rumit, sering diupdate, TFA-nya aktif, dan yang terpenting adalah Anda bisa mengaksesnya.

Begitulah beberapa langkah sederhana dan mudah dilakukan untuk menghindari upaya masuknya codi ke dalam kamar pribadi Anda di dunia maya. Sebaiknya jangan tunda-tunda dahulu, dengan merasa sangat yakin bahwa media sosial Anda pasti aman.

Memasang fitur keamanan kadang tidak cukup lantaran para codi juga selalu berusaha menemukan cara terbaru untuk mengakali Anda. Mereka menunggu Anda lemah untuk beraksi. Oleh karenanya, jaga selalu akun instagram dan medsos lainnya. (mat)

Loading...