Akhirnya Desa Sungai Besar Miliki Karang Taruna

Loading...

LINGGA (suarasiber) – Karang Taruna Desa Sungai Besar resmi dibentuk. Hal tersebut ditandai dengan dilantiknya ketua dan para pengurus pada Sabtu (15/2/2020) malam di lokasi Tugu Cangkul Desa Sungai Besar, Kecamatan Lingga Utara.

Dalam arahannya, Wakil Bupati Lingga M.Nizar mengimbau kepada Pemerintah Desa setempat untuk ikut melibatkan para pemuda pemudi yang tergabung dalam kepengurusan Karang Taruna tersebut kedalam urusan-urusan pembangunan di Desa Sungai Besar.

Karena menurut dia, Desa Sungai Besar memiliki potensi-potensi besar yang bisa digali untuk kemajuan desa.

“Saya berharap, selepas ini Karang Taruna jangan hanya berpangku tangan dan cepat puas setelah pelantikan. Karena tugas kita masih banyak, dan masih panjang,” kata Nizar menegaskan.

Untuk itu, demi mewujudkan kemajuan desa, Ia berpesan kepada para pemuda yang barus saja dilantik untuk menerapkan tiga (3) P dalam kehidupan sehari-hari. Yakni dengan menjadi Proaktif, melakukan Partnership, serta mampu hadir melakukan Problem Solving.

Adapun Proaktif yang dimaksud adalah, aktif melakukan berbagai kegiatan tanpa harus menunggu dan mampu berinisiatif.

“Kalau waktunya gotong royong, kita harus gotong royong sama-sama, jangan malah kita tidur. Kita harus mampu proaktif, dan jangan menunggu,” terangnya.

Selain itu Wakil Bupati Lingga menambahkan bahwa, Karang Taruna juga harus bisa melakukan Partnership atau bekerja sama, menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan berbagai pihak, terutama untuk kemajuan desa.

Juga mampu menjalankan Problem Solving atau mencarikan solusi serta pemecahan masalah yang dihadapi di masyarakat.

“Hal itu bisa dilaksanakan dengan cara berkumpul bermusyawarah untuk mencarikan solusi dari berbagai masalah di kampung kita,” kata Nizar menjelaskan.

Ia berharap, para pemuda yang tergabung dalam wadah Karang Taruna tersebut agar bisa menjadi pioner yang mampu menyelesaikan masalah, bukan malah menjadi sumber penyebab masalah.

“Buatlah program-program besar, nanti bisa kita diskusikan dengan pemerintah desa, dan akan kita tindaklanjuti bersama,” kata Nizar.

Wakil Bupati Lingga optimis, akan ada inovasi yang muncul bagi kemajuan Desa Sungai Besar dari buah pikir pemuda-pemudi Karang Taruna untuk kemajuan desa ke depan. ***

Loading...