Mencium Tangan Ortu bagi Anak, Manfaatnya Luar Biasa

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Sudah menjadi kebiasaan bagi anak mencium tangan orang tuanya sebelum berangkat sekolah atau bepergian. Budaya ini bahkan ada yang menganjurkan dibiasakan sejak dini.

Namun tahukah kalian jika mencium tangan orang tua memiliki beragam manfaat? Bahkan mungkin ada yang tidak kalian sadari.

Berikut empat manfaat mencium tangan orang tua bagi anak, yang dikutip suarasiber.com dari Instagram resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI @kemdikbud.ri:

  • Menumbuhkan sikap hormat anak terhadap orang tua.
  • Menambah kelekatan antara orang tua dan anak
  • Mendeteksi keadaan tubuh anak
  • Meningkatkan perkembangan psikososial

Dari Instagram tersebut dituliskan, kegiatan mencium tangan sebaiknya dimulai sejak dini dengan usia 0-3 tahun.

Karena pada usia tersebut merupakan tahap yang sangat penting untuk menanamkan perilaku-perilaku baik pada anak dan dapat menjadi tolok ukur bagaimana rasa percaya diri dan motorik anak akan berkembang.

Nah, milenial tentu tak menyadari jika dengan kegiatan ini, orang tua bisa mendeteksi kondisi tubuh kalian. Misalnya kalian lagi demam, akan terasa oleh telapak tangan orang tua jika suhu badan kalian lebih tinggi dari biasanya.

Bagaimana, masih menganggap cium tangan orang tua hanya seremonial yang tak ada gunanya? Sebaiknya direnungkan deh sama kalian manfaat yang lain, seperti disebutkan di atas.

“Itu budaya Indonesia, memang seharusnya masih seperti itu. Anak-anak kita mencium tangan sebelum sekolah atau pergi,” tutur Rini, warga Tanjungpinang yang memang membiasakan hal ini untuk anak-anaknya. (man)

Loading...