Cara Memilih Kursi Taman yang Indah dan Kuat untuk Rumah Anda

Loading...

Kursi taman tak hanya berfungsi sebagai tempat duduk, tapi juga menambah keindahan rumah. Karenanya banyak rumah yang melengkapinya di halaman atau di taman. Sekaligus menjadikannya sebagai ornamen penting pada sebuah rumah.

Mengingat pentingnya peran, dan fungsinya, maka kursi yang akan ditempatkan di halaman itu seharusnya bukan asal sembarang kursi. Perlu dipilih jenisnya, bentuknya hingga kekuatannya. Apalagi jika disandingkan dengan bangku taman.

Berikut ini, adalah rekomendasi untuk memilih jenis kursi taman yang akan digunakan. Agar lingkungan rumah Anda semakin cantik, menarik, dan membuat betah tamu yang bertandang.

Materialnya yang Tahan Cuaca

kursi taman 2

Mengingat posisinya di taman atau di halaman yang terpapar langsung dengan segala jenis cuaca, benda ini dituntut kebal dari cuaca. Bahan kursinya bisa saja dari logam campuran, kayu atau dari material plastik.

Untuk yang dari bahan material logam, mesti dilindungi lagi dengan cat minyak khusus di luar ruangan. Agar, tahan lama, dan mudah dibersihkan. Apalagi jika habis kena hujan, sisa air hujan harus selalu dikeringkan. Supaya tidak memancing karat datang.

Hal serupa juga dilakukan untuk kursi yang berbahan plastik. Bukan untuk membeskan dari karat. Namun, agar warnanya tidak cepat pudar. Selain membuat kursi lebih awet.

Sedangkan untuk yang berbahan kayu, jenisnya perlu diperhatikan. Ada banyak kayu, tapi yang tahan segala cuaca tidak banyak, dan harganya juga lebih mahal.

Kemahalannya seimbang dengan ketahanannya terhadap cuaca. Di samping usianya yang panjang, dan penampilannya yang berestetika. Kemudian, indah dipandang mata, dan membuat nyaman yang duduk.

Apalagi jika ditambah payung khusus, akan memberikan kesan sesuatu yang meneduhkan.

Kursi taman dari bahan kayu berkualitas lebih direkomendasikan. Walau harganya lebih kompetitif dibandingkan dengan kursi dari logam, dan plastik.

Bisa Diduduki Dua Orang Dewasa

kursi taman payung 1

Selain untuk estetika, dan menambah keindahan rumah, tempat duduk ini sebaiknya juga bisa digunakan. Karenanya, ukuran kursi juga harus diperhatikan.

Idealnya minimal bisa diduduki oleh dua orang dewasa, dan tidak bersempitan. Agar, kenyamanan duduk bisa tetap terjaga.

Untuk itu disarankan panjang minimal adalah 120 centimeter. Ukuran ini cukup nyaman digunakan. Meski begitu, Anda bisa menyesuaikannya dengan batas kenyamanan masing-masing.

Jika ukuran tersebut masih dirasa sempit, Anda bisa menambahnya sesuai selera. Tentunya penambahan ukuran akan meningkatkan biaya. Termasuk biaya perawatan.

Kursi Taman Harus Tebal dan Kuat

kursi taman unik 2

Material yang kita bahas di sini, adalah yang berbahan dasar dari kayu. Seperti dari bahan lainnya, barang bermaterial kayu harus sangat kuat. Jaminan kekuatannya tidak hanya dari kualitas, tapi juga dari ketebalannya.

Harus tebal karena selalu terpapar dengan hujan, dan panas, siang hari serta di malam hari. Perbedaan suhu yang ekstrem juga memengaruhi kekuatannya.

Maka, ketebalan kayu memang diperlukan. Apalagi untuk daerah yang beda suhu siang dengan malam, cukup besar. Apalagi, jika kualitas kayu yang digunakan bukan yang terbaik.

Mudah Disesuaikan

dekorasi kolam

Salah satu yang harus diperhatikan dari kursi taman, adalah kemudahannya untuk ditempatkan di semua sudut halaman. Karenanya, kursi tersebut sebaiknya mudah dibongkar dan dipasang kembali.

Semua jenis material kursi bisa dibuat seperti itu. Terlebih untuk jenis kursi yang memang dirakit khusus untuk ditempatkan di taman atau di halaman.

Tentunya, untuk jenis kursi seperti itu memerlukan biaya sedikit lebih mahal. Ada jenis kursi yang memang dibuat terpisah, dan dirakit kembali dengan mudah.

Tapi tak sedikit juga yang merancangnya sendiri. Setelah lebih dulu memelajarinya melalui media atau buku. Carilah yang sesuai dengan taman, dan halaman Anda. Kemudian, cari yang mudah untuk dirakit kembali. Temukan keasyikan bersibuk ria di kursi taman.

Kursi Taman Besi dan Kayu

Ada beberapa tipe kursi taman untuk Anda. Pertama, kursi taman terbuat dari besi. Dari penelusuran, harga kursi taman dari besi beragam, angkanya ratusan ribu.

Sebagai contoh, merek Amazon 08 Bench Imax harganya Rp600-an ribu, Canovas Full Besi tempa Bench Canovas harganya Rp1.600-an ribu, yang lebih murah bisa membeli Amazon 08 Chair Imax seharga Rp500-an ribu.

Bagi yang menginginkan kesan alami, bisa memilih kursi taman kayu. Harganya juga beragam, ada beberapa merek. Kisaran harganya berdasarkan penelusuran ialah sebagai berikut:

Kursi ayunan jati dijual di kisaran harga Rp1.500-an ribu, kursi meja lipat berbahan kayu jati harganya Rp1.300-an ribu, sementara bangku kayu sederhana harganya Rp200-an ribu.

Menurut penyedia jasa desain interior dan ekterior yang juga pemilik Plong Studio, Zainal Hafizhin, untuk memilih kursi taman sebaiknya tidak didasarkan pada harganya.

“Kesesuaian dengan bentuk taman, luas atau kecilnya taman, cat rumah dan kegunaanya,” pesan warga Batam yang lahir di kota ukir, Jepara, ini kepada suarasiber.

Mudah Dirakit

Dalam memilih kursi taman pilihlah produk yang mudah untuk dirakit atau dibingkar pasang. Hal ini harus menjadi pertimbangn utama Anda tatkala memilih kursi taman berukuran besar.

Taman seperti bagian lain rumah, sesekali perlu penyegaran. Jika hal itu yang Anda lakukan, tak menutup kemungkinan letak kursi taman juga akan dipindahkan ke tempat yang baru.

Itulah alasan mengapa lebih bagus memilih yang mudah dirakit. Bahkan perlu juga Anda memiliki satu set peralatan untuk merakitnya. Jika tidak yakin bisa melakukannya, bisa menanyakannya dahulu kepada tokonya.

Kursi taman atau bangku taman kini sudah menjadi kebutuhan warga metropolitan. Lahan yang sempit memaksa manusia mengoptimalkan sekitar rumah agar terasa tetap hijau.

Semoga ada manfaatnya tulisan menganai bangku taman ini. (mat)

Loading...