free page hit counter

Desa Surga Adalah …

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Desa Surga, sebuah sebutan yang terus dan terus didengungkan oleh Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar di berbagai kesempatan, waktu dan ruang.

Tentu banyak yang bertanya, apa sesungguhnya yang dimaksud dengan Desa Surga. Melalui resmi Twitternya @halimiskandarnu, Kamis (19/12/2019), Abdul Halim yang juga Ketua DPW PKB Jatim, menjelaskan definisi Desa Surga.

“Mau tau apa itu #DesaSurga? Simak yuuk,,,,”

Desa Surga, adalah ruang hidup yang menempatkan warga sebagai subyek untuk berpartisipasi, merasakan hasil pembangunan, dan nyaman dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk menuju Desa Surga, diperlukan sejumlah instrumen. Instrumen itu, adalah pemenuhan layanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan.

Kemudian, pembangunan insfrastruktur, pengembangan ekonomi, dan pemanfaatan sumber daya alam.

Selanjutnya, modal sosial dan partisipasi masyarakat, mitigasi bencana (serangkaian upaya untuk mengurangi risiko), ketertiban dan mitigasi konflik.

Beragam komen disampaikan warganet menanggapi definisi Desa Surga. Salah satunya disampaikan @nickenayu450.

“Mantep deh Pak Menteri @halimiskandarnu. “Desa Surga dimana semua masyarakat desa enggan merantau ke kota”. Bener nggak pak..?? Hehehe.”

Eko Sudrun melalui akun @SudrunEko pun mencuit. “Bersama mengurangi urbanisasi dengan menggeliatkan desa melalui #manfaatdanadesa tanpa merubah budaya dan kearifan lokal desa. Intervensi teknologi ke desa sehingga meninggalkan kesan desa itu tertinggal dan membosankan.

Abdul Halim Iskandar, tak hanya rutin menggaungkan Desa Surga. Menteri yang gaul dan familiar dengan medsos ini juga kerap menyapa sobat desa melalui akun Twitternya. Seperti di bawah ini.

Beli ragi ke pasar desa, selamat pagi #SobatDesa
Semangat ya buat pagi ini, semoga keberkahan selalu bersama #SobatDesa dan kesuksesan menyertai,,,,
Absen dlu donk hari ini apa kegiatan #SobatDesa?”

Sapaan sederhana namun menyentuh dan tidak terkesan memerintah. Tak heran jika setiap cuitannya langsung ditanggapi hangat oleh ribuan warganet. Khususnya yang terkait dengan desa. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...