Keindahan Taman Nasional Lorentz yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Taman Nasional Lorentz mendapatkan penghargaan dari Google berupa Google Doodle yang bisa dilihat hari ini, Rabu (4/12/1019).

Taman ini merupakan taman nasional yang terletak di provinsi Papua, Indonesia yang luasnya mencapai 2,4 juta hektare. Lorentz disebut sebagai taman nasional terbesar di Asia Tenggara.

Taman ini masih belum sepenuhnya dipetakan serta dijelajahi dan banyak terdapat tanaman asli, hewan dan budaya setempat. Yuk intip keindahan Taman Nasional Lorentz yang diambil dari Instagram.

https://www.instagram.com/p/BoMIVDhgcBt/

Dikutip dari Instagram polyglotindonesia, dalam pertemuan the World Heritage Committee ke – 23 di bawah asuhan UNESCO, 29 November – 4 Desember 1999 di Marrakesh, Maroko, ditetapkan bahwa Taman Nasional Lorentz menjadi bagian dalam UNESCO World Heritage Site yang telah dibentuk sejak tahun 1975.

World Heritage Site merupakan tengara atau area yang dipilih oleh UNESCO karena memiliki makna penting dalam hal budaya, sejarah, ilmiah, atau makna lainnya serta dilindungi oleh perjanjian internasional.

Taman Nasional Lorentz membentang sepanjang 150 kilometer dari Pegunungan Makoe hingga Laut Arafura, termasuk di dalamnya terdapat Puncak Jaya atau Carstenz Pyramid. Sebuah puncak tertinggi di Asia Tenggara dengan ketinggian 4884m dpl.

Puncak Jaya merupakan salah satu dari enam kawasan tropis yang memiliki gletser bersama dengan Gunung Kilimanjaro di Tanzania, Pegunungan Ruwenzori di antara Uganda dan Republik Demokratik Kongo, Gunung Kenya di Kenya, Gunung Nevado del Huila di Colombia, dan Gunung Antisana di Ekuador.

Kawasan ini merupakan satu-satunya kawasan lindung di dunia yang melingkupi berbagai ekosistem mulai dari pegunungan bersalju hingga laut tropis. (man)

Loading...