Pesan Tiket Kapal Laut Lebih Mudah di Nyebrang Yuk

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pesan tiket kapal laut kini semakin mudah. Apalagi setelah PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo) meluncurkan aplikasi Nyebrang Yuk, Ahad (28/7/2019). Peluncuran aplikasi ini dilakukan di Tanjungpinang.

Di Tanjungpinang, peresmiannya dihadiri sejumlah pejabat tinngi, termasuk Plt Gubernur Kepri H Isdianto. Menurutnya, pemanfaatkan teknologi semakin hari harus dipandang sebagai sebuah inovasi.

Dengan inovasi tadi, melahirkan berbagai kemudahan yang membuat masyarakat terbantu.

“Ini upaya untuk mempermudah masyarakat. Dahulu harus ke pelabuhan atau Kantor Pelni, sekarang nama kapal Pelni dan tujuannya bisa dicek di Nyebrang Yuk,” ujar Isdianto.

“Bayarnya juga mudah, semuanya dipermudah,” sambung Isdianto di Halaman Gedung Daerah, Tanjungpinang, Kepri.

Aplikasi pesan tiket kapal laut Nyebrang Yuk merupakan salah satu bentuk komitmen bersama, untuk memberi perhatian pada masyarakat. Pemprov juga akan terus memacu inovator yang mampu berkarya untuk masyarakat.

Menurut Isdianto, objek objek vital yang strategis milik Pelindo I dikendalikan sangat baik. Kerja sama dengan Pemda juga baik. Ia melihat Pelindo I sudah begitu dekat dengan masyarakat.

Aplikasi Pesan Tiket Kapal Laut Perdana

pesan tiket kapal laut 2
Foto – humas kepri

Di tempat peresmiannya di Tanjungpinang, Direktur Operasi dan Komersial Pelindo I, Syahputra Sembiring mengatakan Nyebrang Yuk merupakan aplikasi pesan tiket kapal laut untuk penyeberangan antarpulau perdana di Indonesia.

Hadir pada kegiatan ini Deputi Kepala Perwakilan BI Kepri Gunawan, Staf Ahli Pemkot Tanjungpinang Marzul Hendri. Tak lupa GM Pelindo 1 Cabang Tanjungpnang Arif Indra Perdana.

Syahputra menjelaskan, aplikasi ini sudah bisa dinikmati penunpang yang berangkat dari Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang ke Batam. Nanti juga untuk tujuan Tanjung Balai Karimun, Galang, Moro, Tanjung Batu, Pulau Bukit. Termasuk Tajur Biru, Sei Tenam, Senayang, Pancur, Cempa, Mensana, Dabo Singkep (Jago).

Aplikasi pesan tiket kapal laut milik Pelindo I ini diwujudkan, dengan langkah awal menggandeng Marina Group. Ke depan, kerja sama akan dijalin juga dengan operator pelabuhan dan perusahaan pelayaran lainnya di Indonesia.

“Tujuan digitalisasi ini untuk memudahkan masyarakat. Pelayanan yang cepat, tepat dan akurat,” ungkapnya.

Cek Nama Kapal Pelni dan Tujuan

Masyarakat Tanjungpinang menyambut antusias aplikasi pesan tiket kapal laut Nyebrang Yuk. Beberapa warga menunjukkan kegembiraannya.

Juli, warga Bakar Batu yang langganan ke Batam terbantu dengan aplikasi besutan Pelindo I tadi. Pedagang tas ini bahkan sudah terbiasa menggunakan aplikasi serupa. Menurutnya, masyarakat tidak perlu takut menggunakan aplikasi.

Sejumlah start up tiket adalah aplikasi yang selama ini digunakan Juli. Karena aktivitasnya berburu tas-tas grosir di kota-kota besar, kapal menjadi pilihannya.

Ada tips yang disampaikan Juli, untuk pemesan tiket kapal online. Ia mencontohkan bila membeli tiket Kapal Pelni, yang harus dicermati ialah nama kapal Pelni dan tujuan.

“Sama dengan pesawat, cek nama maskapainya, tanggal, tujuan. Cek benar. Makanya ada peringatan untuk memastikan hal tersebut benar sebelum pembayaran,” ujarnya.

Selain Juli ada Wawan yang tinggal di Batu 5. Sebagai kaum milenial, ia percaya teknologi memberikan kemudahan.

“Tiket pesawat online, pesan tiket kapal laut online, beli baju online, hidup ini semakin mudah sebenarnya,” katanya.

Memberikan detil, lelaki ini mengatakan, misalnya tiket kapal laut balik papan surabaya, harus dicek. Berangkat dari Balikpapan tanggal berapa. Jangan lupa nama kapalnya apa, rutenya mana, sampai ke Surabaya kapan.

“Memang, untuk sistem online harus hati-hati, kalau di konter kan ada yang mengingatkan. Ini sistem, mudah tetapi jangan dibuat ceroboh,” pesannya.

Unduh Aplikasi Pesan Tiket Kapal Laut di Google Play

aplikasi nyebrang yuk
Foto – nurali/suarasiber

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo I, Syahputra Sembiring menambahkan, Nyebrang Yuk sudah bisa diunduh melalui Google Play. Direncanakan akan hadir di App Store pada pertengahan bulan Agustus mendatang.

“Aplikasi yang mudah dioperasikan ini, membaskan konsumen memiliah kapal dan tujuannya. Ada berbagai cara pembayaran elektronik,” tuturnya.

Namun jika masih ingin membeli tiket di luar aplikasi Nyebrang Yuk, bisa tetap membeli langsung di terminal penumpang Sri Bintan Pura. Di sini tersedia Self Service Kiosk dengan sistem pembayaran menggunakan ATM.

“Aplikasi Nyebrang Yuk dan Self Service Kiosk mendukung Kota Tanjungpinang dalam mengembangkan konsep smart city,” ujarnya.

Nyebrang Yuk merupakan pilot project untuk seluruh pelabuhan penumpang di Indonesia. Diharapkan terobosan ini mampu mendorong sektor pariwisata. Wisatawan bisa mudah melakukan pesan tiket kapal laut secara online. (man)

Loading...