Presiden Jokowi Terima Kunjungan Micosoft, Jajaki Kerja Sama Bidang AI

Loading...

Suarasiber.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Microsoft di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (30/04/2024). Pertemuan membahas kerjasama pengembangan sumber daya manusia dan teknologi, khususnya dalam bidang kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

“Tadi sudah bicara dengan Pak Presiden mengenai pengembangan sumber daya manusia dan membangun pusat riset bersama antara Microsoft dan pemerintah Indonesia,” ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi kepada wartawan.

“Terutama dalam pembentukan digital talent terutama dalam bidang AI, termasuk membuka pusat riset di Indonesia,” sambungnya.

Budi menjelaskan, Microsoft memiliki pusat penelitian dan pengembangan Asia-Pasifik yang diharapkan dapat dibangun juga di Indonesia. Hal tersebut diharapkan dapat mendukung pemerintah Indonesia dalam membangun smart city di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Microsoft punya Asia Pacific Research and Development Center. Pak Presiden meminta agar salah satunya dibangun di Indonesia, tempatnya terserah, ada beberapa daerah, termasuk di IKN, Bali, tawarannya itu,” terangnya.

Selain itu, Budi menyebut pertemuan ini membahas mengenai pengembangan teknologi AI dalam bidang pertanian dan perikanan di Indonesia. Dia mengatakan, Presiden Jokowi terus mendukung kerja sama antara Microsoft dengan pemerintah Indonesia.

“Tadi juga bicara mengenai pengembangan teknologi soal agriculture, pertanian, perikanan yang membutuhkan pengembangan teknologi khususnya AI. Kita yakin dengan penggabungan teknologi dan kekuatan Indonesia kita bisa menjadi negara maju,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir menjelaskan pertemuan juga membahas komitmen Microsoft terhadap pengembangan bisnis dan investasi teknologi di Indonesia.

“Pak Satya Nadella, CEO Microsoft, sudah bertemu dengan Presiden ingin menyampaikan komitmen terhadap pengembangan bisnis Microsoft dan investasi teknologi di Indonesia,” jelasnya.

“Untuk pengembangan termasuk juga tadi dari Pak Presiden menyampaikan keinginan untuk adanya pengembangan riset juga nanti yang akan kita tindak lanjuti,” imbuhnya. (***)

Loading...