free page hit counter

Lucunya Animasi Hari Ayah Nasional di Google Doodle

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Hari Ayah Nasional yang diperingati di Indonesia setiap 12 November rupanya juga dirayakan oleh Google. Cobalah buka Google di perambah maka akan tampak Doodle yang cukup menarik.

Tampilan awal adalah seorang ayah yang digambarkan dalam bentuk seperti bebek yang tetap terjaga meski anak-anaknya terlelap. Jika kursor diarahkan ke Doodle tadi akan muncul tulisan Father’s Day 2019.

Doodle ini berisi empat animasi. Untuk membukanya cukup klik tanda panah ke kanan (play) di huruf O kedua setelah G.

Animasi kedua menggambarkan anak-anak tadi sudah bangun. Ada yang bermain di ekor ayahnya, bahkan bertengger di kepala mereka. Sementara anak yang lain tampak menggangu ayahnya.

Animasi selanjutnya anak-anak tadi menganggu ayahnya dengan cara bersembunyi di belakang. Jika ayah menengok ke kanan, anak-anaknya sembunyi di kiri dan sebaliknya.

Yang membuat lucu dan terhibur ialah animasi terakhir, ketika sang ayah meniup kelima anaknya sehingga muncul gelembung berwarna biru.

Setiap anak bebek ada di dalam gelembung yang terbang tinggi lalu pecah di udara.

Google memang rajin menyisipkan sebuah peristiwa di Doodle mereka. Sebelumnya, salah satu yang dijadikan Doodle oleh Google ialah saat 70 tahun Chrisye pada 16 September 2019 lalu.

Nah, kapan Hari Ayah Nasional dicetuskan di Indonesia? Tepatnya pada zaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) lewat deklarasi.

Deklarasi Hari Ayah kala itu juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT. Dalam deklarasi itu juga diluncurkan buku ‘Kenangan untuk Ayah’ yang berisi 100 surat anak Nusantara yang diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah.

Ada lebih dari 75 negara merayakan Hari Ayah, hanya tanggalnya saja yang berbeda. Contohnya AS, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, dan Hong Kong.

Warga negara tersebut merayakan Hari Ayah pada hari minggu di pekan ketiga bulan Juni. Sementara di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, dikenal juga Hari Laki-laki Internasional yang jatuh setiap 19 November.

Para ayah di Indonesia, Selamat Hari Ayah Nasional! (man)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •