free page hit counter

Niatkan Membantu Jamaah Haji, Bukan Naik Haji

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Kanwil Kemenag Provinsi Kepri menyelenggarakan tes penerimaan petugas hajui kloter dan Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tahun 2018, (29/3/18). Tes juga dilakukan serentak di Kantor Kemenag se-Kepri.

Dilansir dari kepri.kemenag.go.id, ada 77 peserta tes dengan perincian Tanjungpinang 8 orang, Batam 19 orang, Bintan 15 orang, Karimun 13 orang, Lingga 7 orang, Natuna 6 orang, Anambas 6 orang dan Kanwil 7 orang.

Tahun ini Kanwil Kemenag Kepri mendapatkan alokasi petugas kloter 6 orang dengan rincian 3 orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dan 3 orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI). Sedangkan untuk PPIH Arab Saudi sebanyak 3 orang, 2 untuk formasi pelayanan umum dan seorang pelayanan ibadah.

Tes penerimaan ini dibuka Kepala Kanwil Kemenag Kepri, Marwin Jamal, didampingi Kasi Keuangan Haji, Alpian. Sementara dua pegawai lain, yakni Kasubbag Informasi dan Humas, Syahbudi serta Kasi Pendidikan Diniyah dan Alquran, Jangga Hasibuan bertindak sebagai pengawas.

“Rekrutmen petugas haji ini strategi Kemenag untuk memilih calon petugas yang andal, profesional dan berakhlak mulia. Sehingga nantinya mampu memberikan tugas-tugas pembinaan, pelayanan serta perlindungan yang sebaik-baiknya kepada jamaah haji,” jelas Marwin.

Ia pun mengingatkan tugas utama petugas kloter dan non kloter adalah pengabdian dan keikhlasan. Pengabdian kepada negara serta pengabdian kepada jamaah harus benar-benar ikhlas dilakukan. “Apabila kita mempunai niat yang baik serta keinginan yang kuat untuk membantu melayani jamaah pasti semua urusan akan dimudahkan Allah,” imbuhnya.

Setiap peserta tes seyogyanya meniatkan dalam hati untuk membantu jamaah haji, bukan niat menunaikan ibadah haji.

“Utamakan tugas baru ibadah,” tegas Marwin.

Peserta yang memperoleh nilai tertinggi dari hasil seleksi pada setiap kabupaten/kota nanti akan diuji lagi tingkat Kanwil pada 12 April 2018. (mat)

Loading...