GenBI Dilibatkan dalam Seleksi Calon Penerima Beasiswa Bank Indonesia

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia atau disebut Generasi Baru Indonesia (GenBI) UMRAH dilibatkan dalam penyeleksian calon penerima beasiswa tahun 2019.

Ini merupakan kali pertama GenBI ikut serta menyeleksi formulir calon peserta penerima beasiswa dan melakukan wawancara awal. Untuk keperluan ini, GenBI UMRAH membuka booth pelayanan di Auditorium, 25 dan 26 Februari 2019 lalu.

Ini merupakan seleksi tahap dua di UMRAH. Di Kepri, UMRAH merupakan Perguruan Tinggi Negeri satu-satunya yang menjalin kerja sama dengan Bank Indonesia. Dan pada tahap dua ini, Bank Indonesia memberikan beasiswa sebesar Rp1 juta per bulan bagi 50 mahasiswa terbaik yang lolos seleksi.

Selama 2 hari tersebut, ada 126 pelamar. Namun hanya 80 berkas yang sesuai dengan kriteria persyaratan sehingga 80 peserta inilah yang berhak mengikuti seleksi tahap dua dari pihak Bank Indonesia. GenBI hanya memberikan rekomendasi nama-nama calon peserta terpilih yang sebelumnya sudah lolos administrasi di BAKK UMRAH.

Baca Juga:

Komjen Arief Ancam Pecat Siswa yang Tak Layak Menjadi Perwira Polisi

Warga Bintan Penghina Presiden Jokowi Didakwa dengan Pasal Berlapis

Sopir Bus yang Tabrak Rasyid Tenda hingga Meninggal Dituntut 8 Bulan Penjara

Menurut Ketua Pelaksana, Zulfa Dianti, keterlibatan GenBI dalam seleksi calon penerima beasiswa untuk mendapatlan anggota baru GenBI yang sesuai dengan syarat yang sudah digariskan Bank Indonesia. “GenBI ingin mengetahui secara langsung bagaimana calon keluarga baru GenBI nantinya, karena kami ibarat keluarga besar,” tuturnya.

Sistem seleksi calpon penerima beasiswa tahap kedua ini dipandang lebih aman daripada tahap pertama. Seperti dituturkan Pembina GenBI Kepri, Yeni Anggraini, “Tahun ini lebih terstruktur. Sistemnya GenBI yang wawancara, baru kami dari Bank Indonesia yang memutuskan. Dengan keterlibatan GenBI, kami mengetahui kelebihan dan kekurangan dari pendaftar tersebut.” (cr2)

Loading...