Batam Terima Penghargaan Kota Peduli HAM

Loading...

Suarasiber.com – Kota Batam mendapat penghargaan Peduli HAM 2022. Penghargaan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia tersebut diserahkan dalam rangkaian peringatan HAM 2023.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengatakan bahwa penghargaan tersebut dipersembahan untuk seluruh masyarakat Kota Batam.

“Penghargaan ini merujuk kepada upaya Batam untuk meningkatkan peran dan tanggung jawabnya dalam penghormatan, pelindungan pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM yang diberikan atas upaya dan keberhasilan Batam dalam pemenuhan dan pelayanan publik, yang merupakan bagian dari hak-hak dasar warga dan masyarakat,” ujar Rudi, Jumat (26/1/2024).

Rudi mengajak semua organisasi perangkat daerah untuk tidak berpuas diri. Ia berpesan untuk terus meningkatkan prestasi demi masyarakat Kota Batam.

“Semoga hak masyarakat terus terpenuhi dan menjadikan Batam lebih baik lagi,” ujarnya.

Adapun bagian dari hak-hak dasar warga dan masyarakat di wilayah masing-masing dengan indikator antara lain; Hak atas Bantuan Hukum, Hak atas Informasi, Hak turut serta dalam pemerintahan, Hak atas keberagaman dan pluralisme, Hak atas Kependudukan, Hak atas Kesehatan, Hak atas Pendidikan, Hak atas Pekerjaan, dan Hak atas Lingkungan yang baik dan sehat serta hak atas perumahan yang layak, dan Hak perempuan dan anak.

“Kota Batam telah memenuhi indikator ini sehingga mendapatkan penghargaan kab/kota peduli HAM dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia,” ujarnya. (***)

Loading...