Cegah Anak Putus Sekolah, DP3APM Tanjungpinang Beri Pendampingan Bantu Peralatan

Loading...

Suarasiber.com – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang berikan pendampingan asuh terhadap anak yang rentan drop out dari sekolah di Kampung Bugis.

Kepala DP3APM Kota Tanjungpinang, Rustam menyampaikan pendampingan itu untuk memberi dukungan dan motivasi kepada anak yang rentan drop out dari sekolah berdasarkan laporan yang diterima.

“Kita dibantu aparat kelurahan dan warga setempat turut membantu membersihkan, mengemas, dan merapikan lingkungan rumah keluarga anak,” kata Rustam, Kamis (25/1/2024).

Rustam melanjutkan, kondisi anak yang diberi penguatan itu memang harus dibimbing karena hanya tinggal dengan kakak dan kakeknya yang sudah berusia lanjut.

“Ia harus tetap bersekolah guna mendapatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal untuk masa depannya nanti,” ujarnya.

Menurut anak-anak itu harus didorong untuk dapat melanjutkan pendidikannya, paling tidak bisa menamatkan jenjang SMA atau sederajatnya.

“Pada kesempatan itu kita beri mereka bantuan berupa 2 set kasur langkap dengan bantal, meja belajar, rak baju plastik dan lemari plastik,” bebernya.

Tidak hanya itu, Rustam menambahkan juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) agar keluarga anak tersebut dimasukkan ke dalam DTKS.

“Termasuk dorongan kepada pihak sekolah agar anak tersebut diprioritaskan dalam pemberian beasiswa,” tambahnya.

Lingkungan tempat tinggal sangat mendukung kesehatan, tumbuh kembang dan motivasi anak.

“Dengan lingkungan yang bersih dan tertata akan sangat membantu menumbuhkan sikap positif anak,” tutupnya.

Loading...