Panen Padi Perdana di Lahan Bekas Tambang Bauksit, Mentan : Tolong Produktivitas dan Luasannya Ditingkatkan Lagi

Loading...

Suarasiber.com – Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) melakukan panen padi di lahan bekas tambang bauksit di Pulau Dompak, Tanjungpinang.

Berdasarkan hasil pengambilan ubinan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri, produktivitas padi varietas Inpari 32 yang ditanam di atas lahan bekas tambang bauksit yang struktur tanahnya keras dan berbatu itu, mencapai angka 6 ton gabah kering panen per hektar.

“Luar biasa. Jempol untuk teman-teman yang terlibat, khususnya warga binaan. Tolong produktivitas dan luasannya ditingkatkan lagi,” ujar Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman kepada wartawan, Senin (18/12/2023).

Sebelumnya, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad didampingi Kakanwil Kemenkumham Kepri, I Nyoman Gede Surya Mataram, melakukan panen padi perdana di atas lahan bekas tambang bauksit di Pulau Dompak, Tanjungpinang, Minggu (17/12/2023).

Panen perdana padi yang ditanam di bekas tambang bauksit di Pulau Dompak, Tanjungpinang. Panen diikuti Gubernur Kepri, Ansar Ahmad dan sejumlah pejabat, Minggu (17/12/2023). Foto – dok pribadi

Kegiatan panen padi tersebut, merupakan hasil kolaborasi warga binaan atau narapidana yang sedang menjalani proses asimilasi dengan mitra perorangan Rutan Kelas I Tanjungpinang, Ady Indra Pawennari, peraih Anugerah Pahlawan Inovasi Teknologi Tahun 2015.

“Pak Ady Pawennari ini sahabat lama saya. Beliau memang konsisten menanam padi di Lingga, Bintan dan Tanjungpinang. Termasuk di lahan bauksit Pulau Dompak ini,” ungkap Gubernur Kepri, Ansar Ahmad.

Kepala Rutan Kelas I Tanjungpinang, Eri Erawan mengaku bangga atas sambutan positif dari berbagai pihak atas keberhasilan ini. Ia berharap, Pemerintah Provinsi Kepri dapat mengembangkannya lebih luas lagi.

“Selama ini kan kita tahu padi itu hanya bisa tumbuh di sawah yang struktur tanahnya lembek dan berlumpur. Tapi, hari ini, padi bisa tumbuh dengan baik di atas lahan bekas tambang bauksit yang keras dan berbatu,” katanya. (syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...