free page hit counter

Disebut Gubernur Kepri sebagai Mata dan Telinga untuk Keutuhan NKRI, Apakah Senkom Itu?

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menyebutkan salah satu misi pembangunan Provinsi Kepri adalah membangun SDM Kepri yang berkualitas, berdaya saing, beriman, dan bertaqwa.

SDM yang berkualitas menjadi penentu masa depan Kepri. Sebab dengan sumber daya manusia yang berkembang, Kepri menjadi daerah yang mempunyai inovasi dan kreativitas yang tinggi.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Ansar pada acara Penutupan Musprov IV Senkom Mitra Polri Kepri di Gelanggang Ponpes Abdul Dhohir Patam Asri, Sekupang Batam, Sabtu (26/11/2022).

Senkom ini memiliki tugas pokok dan fungsi dengan spektrum yang luas serta tugas penting yang menjadi akar pola hidup masyarakat, yakni gotong royong, kamtibmas, dan bela negara.

“Tiga komponen ini spektrumnya sangat bagus dan ditangani oleh orang-orang yang mempunyai kualitas semangat dan tekat yang kuat,” ujar Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar berbicara soal bela negara karena Kepri ini wilayah perbatasan yang menjadi terasnya negara dan gerbang utara NKRI. Menurutnya, pemerintah pusat memberikan perhatian sungguh-sungguh terhadap Kepri, ditambah Kepri adalah Provinsi Kepulauan Riau yang paling besar wilayah laut, dengan luasan mencapai 96 persen dan 4 persen daratan dan berbatasan langsung dengan Vietnam, Kamboja, Singapore dan Malaysia.

“Senkom sangat berperan untuk menjaga kedaulatan negara wilayah di Provinsi Kepri,” tutur Gubernur Ansar.

Ditambahkan Gubernur Ansar, Senkom akan diperluas ke wilayah pelosok-pelosok sebagai mata, telingga, dan tangannya pemerintah. Kita juga sangat mendorong masyarakat merasa terjamin kalau kehidupannya aman dan tentram.

“Kita berharap Senkom ini tersosialisasi seluas-luasnya di tengah masyarakat, satu pesan saya apapun yang di titipkan itu adalah amanah yg harus dijaga pengabdian yang harus kita jaga di tengah-tengah masyarakat kita,” katanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut  Dirbinmas Polda Kepri, Kombes Pol. Endro Prasetyo; Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepri, Rizki Faisal; anggota DPRD Provinsi Kepri, Wahyu Wahyudin; Pembina Pusat Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri, Marsekal Muda TNI (Purn) Noor Pramadi, dan Sekjend Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri, H. Nedy Wilbhara.

Tentang Senkom Mitra Polri

Mengutip dari tribratanews.kepri.go,id, Senkom Mitra Polri adalah kelompok masyarakat yang ingin berperan dalam membantu menginformasikan dan membantu pengamanan lingkungan disekitarnya atau di mana saja berada serta memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya pengamanan swakarsa di lingkungan masing-masing sebagai wujud Bela Negara dengan semangat patriotisme dan nasionalisme dalam wadah NKRI.

Senkom Mitra Polri dibentuk sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan UU no 2 tahun 2002 tentang Pamswakarsa. Maka pada tanggal 1 Januari 2004 di Jakarta dibentuklah Senkom Mitra Polri sebagai wadah kelompok sadar kamtibmas oleh anggota mitra kamtibmas Mabes Polri.

Ditindaklanjuti dengan Surat Telegram Kapolri nopol: ST/526/V/2007 tanggal 7 Mei 2007 tentang perintah kepada para Kapolda untuk membina Senkom untuk menjadi mitra Polri sehingga diharapkan dapat berperan serta sebagai anggota Forum Komunikasi Polisi Masyarakat (FKPM) untuk memecahkan masalah-masalah sosial yang berdampak dapat menjadi sumber gangguan kamtibmas di lingkungan komunitasnya. (ca/zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...