Dorong Usaha Produk Olahan Ikan, Disdagin Kota Tanjungpinang Gelar Pelatihan

Loading...

Suarasiber.com – Ikan menjadi salah satu komoditas yang cukup banyak di Kota Tanjungpinang. Pemerintah daerah pun mendorong pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) untuk menekuni produk olahan ikan.

Dukungan itu salah satunya dengan menyelenggarakan Pelatihan Pengolahan Ikan yang dilaksanakan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) di Hotel Comforta, Batu 11, Tanjungpinang, 16 – 17 Desember 2023.

Ada 25 pelaku IKM yang mengikuti pelatihan ini, diharapkan mampu mengembangkan produk olahan ikannya semakin maju.

Kepala Disdagin Kota Tanjungpinang Riany menyebutkan, dengan pelatihan ini maka pihaknya tidak hanya memberikan bantuan fisik, seperti yang sudah dilakukan sebelumnya.

“Kami juga memberikan pelatihan dan pembekalan teknis non-fisik, agar para IKM di Tanjungpinang tetap terkini dalam ilmu dan wawasan terkait usaha mereka. Kali ini, fokusnya pada produk olahan ikan,” terangnya, Sabtu (16/12/2023).

Kendala yang bisa saja datang, diminta tidak menyurutkan para pelaku usaha untuk mengembangkan produk olahan ikan ini.

Agar pelatihan memberikan manfaat, Kepala Bidang Perindustrian Kota Tanjungpinang, Mohammad Endy Febri, menjelaskan para peserta pelatihan sepakat membentuk grup informasi.

Wadah ini menjadi tempat berkomunikasi antarpelaku olahan iakan atau dengan Disdagin.

Selain itu, Disdaging memberikan saran agar para pelaku usaha olahan ikan di Tanjungpinang membentuk koperasi. (syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...