BREAKING NEWS! Tungku Smelter Tambang di Morowali Meledak, 13 Pekerja Meninggal Dunia

Loading...

Suarasiber.com – Tungku smelter PT ITSS di areal PT IMIP, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, meledak, Minggu (24/12/2023). Akibatnya, 13 pekerja meninggal dunia.

Selain mereka yang meninggal, ada 39 korban lain yang menjalani perewatan di rumah sakit.

Berdasarkan video yang dibagikan di Facebook, kejadian pada pukul 5.30 Wita.

Tungku smelter yang meledak itu sebenarnya dalam tahap perbaikan. Karena ledakan itu, kemudian memicu ledakan tabung oksigen yang ada di lokasi. Kejadian tiba-tiba membuat para pekerja yang berdekatan seketika menjadi korban.

Dalam suasana yang mencekam, terlihat para korban diangkut menggunakan kendaraan yang ada. Ada yang dibawa pakai truk, ada yang menggunakan pick up agar korban segera mendapatkan perawatan.

Sejumlah pekerja nekad melompat dari ketinggian ketika menyadari ledakan terjadi. Mereka masih mengenakan helm proyek saat keluar dari kobaran api.

Melansir detik.com, Kasi Humas Polres Morowali Ipda Abdul Hamid menjelaskan, “”Data sementara 13 orang meninggal.”

Sementara itu berdasarkan keterangan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) melaporkan 51 pekerja menjadi korban ledakan tungku smelter ITSS. Dalam keterangan tersebut 12 orang dilaporkan meninggal dan 29 lainnya luka ringan dan berat.

“Jumlah korban saat ini sebanyak 51 orang. Sebanyak 12 orang di antaranya meninggal dunia dan 39 lainnya mengalami luka berat hingga luka ringan,” ujar Kepala Divisi Media Relations PT IMIP Dedy Kurniawan dalam keterangannya.

“Korban meninggal dunia terdiri atas 7 tenaga kerja asal Indonesia, dan 5 tenaga kerja asing,” kata Dedy. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...