Dua Prajurit TNI AD Lawan 9 Orang Diduga Begal yang Akan Merampas Motor

Loading...

Suarasiber.com – Prada Junior Noval dan Prada Ardian Sapta Savela, prajurit Yonarhanud 10/ABC Kodam Jaya mendapatkan apresiasi dari kesatuannya.

Keduanya nekad melawan 9 orang yang diguga akan membegal keduanya saat berboncengan dengan satu motor di kawasan Pasar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Ahad (8/5/2022).

Hari itu, Prada Junior Noval dan Prada Ardian Sapta Savela pulang berbelanja kebutuhan sehari-hari untuk prajurit yang lajang.

Dalam perjalanan pulang dari pasar tradisional menuju Batalyon Arhanud 10/ABC Bintaro Jakarta Selatan, ada tiga sepeda motor yang membuntutinya.

Ada 9 pria yang berada di atas sepeda motor lalu berusaha untuk membegal.

Komandan Batalyon Arhanud 10/ABC Letkol Arh Syarief S.B dalam keterangannya yang dikutip dari tniad.mil.id, Senin (9/5/2022) membenarkan hal tersebut.

Syarief mengungkapkan, awalnya kejadian saat di sekitar SMPN 29 Jakarta Selatan.

Ke-9 orang tadi mencoba menghentikan kendaraan sepeda motor yang ditumpangi kedua prajurit TNI AD. Bahkan salah satu pelaku sempat melempar batu ke arah anggota Arhanud 10/ABC namun berhasil dihindari.

Mendapat serangan tanpa sebab, korban yang merupakan anggota TNI melakukan perlawanan dengan menendang salah satu motor pelaku yang memepet motor kedua prajurit tersebut hingga terjatuh.

Saat pelaku terjatuh dari motornya, kedua prajurit TNI AD tersebut berbalik melakukan perlawanan, satu orang pelaku berhasil diamankan, sedangkan pelaku lain berhasil melarikan diri. Diduga dalam melancarkan aksinya, sembilan pelaku begal tersebut dalam pengaruh minuman keras atau alkohol.

Letkol Arh Syarief Syah Banjar mengapresiasi tindakan anak buahnya tersebut.

“Ini sebagai contoh dari tindakan yang memang sudah seharusnya dari prajurit TNI, menjaga keamanan warga masyarakat, termasuk dari tindakan aksi kriminalitas di jalanan.

Semoga ini merupakan contoh yang baik, dan kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak takut melaporkan bila terjadi aksi kejahatan yang menimpa siapapun,” ujarnya.

Dirinya menyampaikan, salah seorang pelaku begal yang tertangkap tersebut berinisial MRH (22) warga Pesanggrahan, Bintaro, Jakarta Selatan dan telah diserahkan ke Polsek Kebayoran Baru guna mempertanggungjawabkan perbuatannya dan dilakukan proses hukum lebih lanjut. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...