Pemprov Kepri Raih Penghargaan ITKP Terbaik II Nasional

Loading...

JAKARTA (suarasiber.com) – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kembali menunjukkan kinerja yang baik dalam bidang pengadaan barang dan jasa pemerintah. Pada tahun ini, Pemprov Kepri berhasil meraih penghargaan Indeks Tata Kelola Pengadaan (ITKP) terbaik ke-2 secara nasional untuk kategori Pemerintah Provinsi.

Penghargaan ini diberikan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah 2023 dengan tema “Transformasi Pengadaan Untuk Indonesia Maju” di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (07/11)

Penilaian ITKP merupakan penilaian atas indikator yang menyeluruh dan kompleks antara lain terdiri atas pemanfaatan sistem pengadaan, baik itu SiRUP, e-Tendering, e-Purchasing, e-Kontrak, Non E-Tendering, maupun Non e-Puchasing. Selain itu penilaian juga meliputi kualifikasi dan kompetensi Sumber Daya Manusia Pengadaan Barang/Jasa serta tingkat kematangan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ).

Dari penilaian tersebut, Pemprov Kepri meraih 90,11 poin, hanya selisih 0,1 poin dari Provinsi Kalimantan Selatan yang meraih 90,21 poin. Poin capaian Pemprov Kepri juga naik hingga lebih 5 poin dari tahun sebelumnya, yaitu dari 85 menjadi 90,11 poin. Sementara itu, Provinsi Bali yang pada tahun sebelumnya meraih posisi puncak, pada tahun ini berada pada posisi 3.

Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala LKPP, Hendrar Prihadi, kepada Kepala Biro Pengadaan Barang Jasa Provinzi Kepri, Azwandi, dalam acara yang dihadiri oleh para pejabat dan praktisi pengadaan dari seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Azwandi, mewakili  Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad berterimakasih kepada seluruh jajaran, serta atas kerja keras dan komitmen dari tim pengadaan di lingkungan Pemprov Kepri.

“Kita ketahui bahwa mempertahankan memang lebih sulit daripada meraih. Namun terbukti berangkat dari semangat pantang menyerah, etos kerja yang baik, kita berhasil bersama-sama mempertahankan capaian ini, bahkan dengan poin penilaian yang naik secara signifikan dibanding tahun sebelumnya untuk ITKP,” ujar Azwandi.

Penghargaan ini menunjukkan bahwa Pemprov Kepri telah menerapkan prinsip-prinsip pengadaan yang efisien, efektif, transparan, akuntabel, dan berkeadilan. Pengadaan barang dan jasa pemerintah merupakan salah satu instrumen penting dalam mendukung pembangunan dan pelayanan publik.

“Sesuai arahan Gubernur, Pemprov Kepri berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan kinerja pengadaan barang dan jasa pemerintah,” kata Azwandi. (Jlu)

Loading...