Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Senilai Rp916 M di Kampung SBY

Loading...

Suarasiber.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Minggu (14/2/2021).

Bendungan ini mulai dibangun pada tahun 2015 dengan biaya sekitar Rp916 miliar. Menurut Presiden, seperti dilihat dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Dijelaskan Jokowi, Bendungan Tukul memiliki peran sangat penting untuk pengendalian banjir, untuk mengairi sawah, air irigasi, dan juga penyediaan air baku yang di sini kurang lebih 300 liter per detik dan tentu saja ini untuk warganya bapak Bupati Pacitan,” ujar Jokowi saat memberikan sambutan.

Waduk ini memiliki kapasitas tampung 8,7 juta meter kubik. Keberadaannya aka membantu petani yang awalnya satu kali menanam padi sekarang bisa dua kali.

Presiden meminta agar Pemprov dan Pemkab benar-benar memanfaatkan bendungan sebaik-baiknya. Agar manfaatnya dirasakan masyarakat.

Momen peresmian Waduk Tukul juga diunggah Presiden Jokowi di Instagram @jokowi. Dalam postingannya diunggah foto Presiden mengangkat tangan kanannya memberikan salam kepada masyarakat.

Keterangan yang dicantumkan di postingan ini sebagai berikut:

Bendungan di belakang saya ini adalah Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, yang baru saja saya resmikan. Bendungan ini satu dari sekian bendungan yang kita kerjakan dalam enam tahun.

Bendungan Tukul dibangun untuk pengendalian banjir, penyediaan air baku bagi warga Pacitan, dan dapat mengairi 600 hektare sawah. Petani yang dulu hanya sekali menanam padi dan palawija, nantinya bisa dua kali menanam padi dan sekali palawija dalam setahun. (mat)

Loading...