Desak Gencatan Senjata, Ini 4 Pesan Presiden Jokowi soal Palesina di Arab Saudi

Loading...

ARAB SAUDI (suarasiber.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11/2023).

Di hadapan para pemimpin negara berpenduduk mayoritas muslim ini, Presiden menyerukan gencatan senjata di Jalur Gaza.

“Kita semua harus cari jalan agar Israel segera lakukan gencatan senjata,” kata Presiden Jokowi, dikutip dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Senin (13/11/2023).

Itu adalah saran pertama. Kedua, Presiden Jokowi meminta penyaluran bantuan kemanusiaan ke masyarakat Palestina di Gaza dipercepat. Penyaluran bantuan harus dihormati oleh Israel.

Presiden lantas menyinggung RS Indonesia di Gaza Utara, terus menjadi sasaran serangan Israel sehingga kehabisan bakan bakar.

Saran ketiga yang disampaikan Presiden Jokowi ialah meminta OKI menggunakan semua lini untuk menuntut pertanggungjawaban Israel terhadap kekejaman kemanusiaan yang telah dilakukan.

Dia mendesak diberikannya akses pada Independent International Commission of Inquiry on the Occupied Palestinian Territory yang dibentuk Dewan HAM PBB untuk melaksanakan mandatnya.

Sementara saran terakhir, mengharapkan dengan segera agar perundingan damai segera dimulai. Indonesia, kata Presiden, siap berkontribusi dalam negosiasi damai tersebut. (***/syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...