Pemkab Bintan Dirikan Sekolah Lansia

Loading...

BINTAN (suarasiber.com) – Pemkab Bintan menunjukkan keseriusannya memperhatikan berbagai kelompok umur, tak terkecuali lansia atau warga yang berusia lanjut.

Program baru yang digagas dan kemudian diwujudkan ialah sekolah lansia.

Sekolah Lansia beserta pengurusnya dikukuhkan langsung oleh Bupati Bintan, Roby Kurniawan didampingi Ketua TP-PKK Bintan, Hafizha Rahmadhani, Kamis (05/10) di Aula Kantor Desa Teluk Bakau. Sekolah Lansia yang dikukuhkan ini diberi nama Sekolah Lansia Berkah Bahagia.

Hal ini, sebut Roby, sebagai komitmennya dalam mewujudkan Bintan sebagai rumah bagi lansia.

Sekolah lansia dapat diikuti pra lansia (usia 45-59 tahun) dan lansia (usia di atas 60 tahun).

Konsep yang dikembangkan dalam Sekolah Lansia adalah pendidikan sepanjang hayat (long life education). Secara sederhana artinya pendidikan tidak harus bersifat formal, bisa dalam wujud non formal seperti keluarga, masyarakat dan sebagainya.

Usai melakukan pengukuhan, Roby menyampaikan kebahagiaan sekaligus harapannya terhadap Sekolah Lansia Berkah Bahagia ini. Roby mengatakan bahwa kesejahteraan, kebahagiaan dan kenyamanan para lansia merupakan tanggung jawab pemerintah.

“Bapak Ibu semua, Atok dan Nenek, kami mohon doanya agar Bintan ini bisa semakin baik setiap harinya. Kesejahteraan lansia di mana pun berada adalah tanggung jawab negara, dalam hal ini adalah pemerintah,” kata Roby.

Tanggung jawab yang disampaikan Roby sesuai dengan amanat yang tertuang dalam UU Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejateraan Lanjut Usia. Hal ini pula yang kemudian melahirka berbagai program maupun inovasi bagi lansia.

Sementara itu, usai kegiatan Ketua TP-PKK Bintan sempat menyampaikan apresiasinya melihat para pengurus Sekolah Lansia Berkah Bahagia dimana di dalamnya terdapat beberapa anak muda. Bagi Hafizha wujud pengandian dan kasih sayang kepada orang tua ini masih jarang dimiliki generasi muda.

“Pengurusnya juga beberapa anak muda, bagus sekali pastinya. Jarang anak muda bisa lemah lembut dan penuh kasih sayang dalam menjaga dan merawat orang tua. Insya Allah kehadiran Sekolah Lansia ini bisa lebih memberi warna untuk hari-hari tua para lansia kita,” tutupnya. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...