Jokowi Minta Petakan Potensi Bencana, Bintan Sudah Punya Destana

Loading...

Suarasiber.com – Bupati Bintan Roby Kurniawan didampingi Sekda Bintan beserta Dandim 0315/Tanjungpinang dan Kapolres Bintan menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) yang dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, Kamis (2/3/2023) di Jakarta International Expo.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi meminta agar seluruh daerah mampu memetakan potensi bencana. Sehingga pendanaan persiapan maupun antisipasi bencana.

Selanjutnya Jokowi juga meminta agar perencanaan pembangunan. Agar investasi bisa memasukkan pertimbangan potensi maupun resiko bencana.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Bintan melalui Sekda Bintan Ronny Kartika menjelaskan bahwa Pemkab Bintan, saat ini telah memetakan potensi bencana dengan segala persiapan antisipasinya.

Bahkan, beberapa Desa di Bintan telah dibentuk menjadi Desa Tangguh Bencana (Destana) sebagai salah satu langkah awal.

“Kita sudah petakan potensi bencana, kita juga sedang melakukan pembinaan dan pelatihan SDM yang tanggap bencana. Prinsipnya berbagai strategi dan persiapan kita lakukan.

Kita tidak meminta dan berharap, tapi ketika bencana memang hadir, kita sudah harus siap” kata Ronny.

Bintan yang pada awal tahun lalu baru saja melewati banjir ROB, kini sudah berangsur bangkit dan siap memulihkan semua kondisi. Mulai dari kondisi infrastruktur maupun kondisi ekonomi masyarakat. (red)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...