free page hit counter

Cegah Stunting dan Sosialisasi Makanan Sehat, PKK Kepri Datangi Sekolah di Pedalaman

Loading...

Suaraseiber.com – PKK Kepri dan Pemprov Kepri melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Kesehatan Hewan (KP2KH) Kepri terus melakukan sosialisasi pencegahan stunting dan makanan sehat untuk anak.

Kamis (6/10/2022) Ketua TP PKK Kepri, Dewi Kumalasari Ansar dan Kadis KP2KH Rika Azmi beserta rombongan mengunjungi SDN 009 Teluk Bintan. Kedatangan para pejabat ini menggiatkan Dapur Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) di Kampung  Mansur, Tembeling Tanjung, Bintan.

“Kegiatan ini merupakan bentuk perhatian kita kepada anak-anak agar tumbuh kembangnya semakin sehat dan cerdas, dan juga sebagai stimulus kepada orang tua terutama ibu-ibu untuk lebih memperhatikan makanan anak di rumah,” tutur Dewi Ansar.

Dalam kegiatan tersebut Dewi Ansar juga memaparkan bagaimana cara penyajian dan apa itu makanan sehat kepada masyarakat yang hadir. Ditekankan, sehat itu tak harus mahal. Lebih ke komposisi dalam pemenuhan gizi anak tercukupi, yang pastinya ada sayur, ada protein, ada karbohidrat, dan vitamin yang cukup.

Untuk menyiasati kebosanan anak, maka Dewi memberikan tips, yakni makanan harus dikreasikan sehingga anak-anak suka. Selanjutnya, kegiatan semacam ini diminta dilakukan juga oleh PKK kabupaten dan kota.

Di tempat sama, Rika Azmi memberikan pemaparan bagaimana memperoleh bahan makanan sehat yang murah dan terjangkau.

Ia sebutkan sumber karbohidrat tak harus nasi, karena ada kentang, jagung, dan ubi. Protein mudah karena banyak ikan di Kepri.

“Mari kita manfaatkan pekarangan rumah untuk bertanam sayur, cabai, dan sebagainya untuk meringankan kebutuhan makanan pada anak,” ajaknya. (mit/zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...