Ini Nama PJ Gubernur Pengganti Ganjar dan Ridwan Kami yang Dilantik Besok

Loading...

JAJARTA (suarasiber.com) – Sejumlah provinsi akan menggelar Pilkada serentak pada 2024 mendatang. Sejumlah orang juga sudah disiapkan untuk menjadi penjabat (Pj) gubernur di sejumlah provinsi.

Sekitar 10 jabatan Gubernur akan berakhir masa jabatannya di Bulan September ini dan akan digantikan oleh seorang Penjabat (Pj) Gubernur.

Informasi dari Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kapuspen Kemendagri), Benny Irwan mengatakan, masa jabatan Gubernur yang akan berakhir diantaranya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Gubernur Bali Wayan Koster, Gubernur Papua Lukas Enembe.

Termasuk juga Gubernur NTT Viktor Laiskodat, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, dan Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman. Untuk penugasan terhadap 10 orang Pj gubernur masih menunggu surat keputusan presiden.

“Kami saat ini masih menunggu Keputusan Presiden, sebagai dasar untuk penugasan Penjabat Kepala Daerah dan pelaksanaan pelantikan,” ungkap Benny dalam pesan singkat diterima, Senin (4/9/2023), melansir pmjnews.com.

Diketahui 10 gubernur tersebut nantinya akan digantikan oleh sosok terpilih yang sudah dipilih Presiden Jokowi melalui mekanisme tes penilaian akhir (TPA). Menurut Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin, 10 nama terpilih sudah diputuskan kepala negara pada 1 September 2023.

“Ya sudah (dipilih 10 nama Pj gubernur,” katanya, Jumat 1 September 2023.

Ngabalin melanjutkan, para Pj Gubernur akan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam waktu dekat. Mereka bisa dilantik dalam waktu bersamaan atau juga berbeda. Hal ini disebabkan masa jabatan sejumlah gubernur definitif habis di waktu yang tidak bersamaan.

Berikut nama 10 Pj Gubernur yang sudah diputuskan Jokowi sebagai Pj Gubernur:

  1. Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin
  2. Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana
  3. Pj Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin
  4. Pj Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya
  5. Pj Gubernur, Papua Ridwan Rumasukun
  6. Pj Gubernur NTT, Ayodhia Kalake
  7. Pj Gubernur NTB, Lalu Gita Ariadi
  8. Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harrison Azroi
  9. Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi
  10. Pj Gubernur Sulsel Bahtiar, Baharuddin. (***/syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...