11 Grup Hadrah Berlomba Raih yang Terbaik di Kabupaten Bintan

Loading...

Suarasiber.com – Lomba Hadrah Tingkat Kabupaten Bintan Tahun 2023 dibuka di Gedung Nasional Tanjunguban, Bintan, Sabtu (29/7/2023).

Pembukaannya dilakukan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Riau Hj. Dewi Kumalasari Ansar.

Sebanyak 11 grup hadrah yang akan mengikuti lomba ini, terdiri dari pengurus BKMT Kabupaten Bintan dan perwakilan pondok pesantren yang ada di Kabupaten Bintan dengan jumlah personil dalam satu grup sebanyak 15 orang.

Dalam sambutannya, Dewi Ansar menyampaikan bahwa lomba hadrah diadakan sebagai salah satu upaya pemerintah Kepri untuk melestarikan nilai-nilai agama melalui musik religius yang dituangkan dalam musik hadrah.

“Melalui festival ini semoga bisa menjadi ajang untuk mensyiarkan agama islam dan sekaligus dapat membendung budaya asing yang berdampak negatif di Kepri,” kata Dewi Ansar.

Dewi Ansar juga menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan ini. Menurutnya, perlombaan ini bisa menjadi wasilah terpancarnya syiar Islam serta turunnya barokah bagi daerah serta seluruh masyarakat Kepri khususnya masyarakat Kabupaten Bintan.

“Hadrah dan kesenian Islami lainnya pada hakikatnya merupakan media atau sarana untuk syiar dan dakwah Islam. Sebuah strategi dakwah yang penuh kelembutan dan menjunjung kearifan lokal. Sudah menjadi fitrah bahwa manusia menyukai keindahan, dan Islam sendiri indah. Dalam kaitan inilah, hadrah dan kesenian lainnya menjadi bahasa yang indah, efektif, dan santun guna membumikan nilai dan ajaran Islam,” ujarnya.

Di sisi lain juga, Dewi Ansar merasa bangga karna saat ini ada beberapa komunitas yang menghimpun anak-anak muda untuk berselawat bersama, dengan diiringi hadrah. Kemunculan hadrah dan komunitasnya menjadi harapan bahwa anak muda mau berkhusyuk dan berasyik masyuk dalam kecintaan kepada agama dan Rasulullah, secara menyenangkan.

“Untuk itu, lomba kali ini, kejuaraan dimaknai sebagai ajang untuk saling berbagi semangat, berbagi kreasi, berbagi ilmu, dan pengalaman, untuk kemudian sama-sama mengembangkan hadrah. Lebih penting lagi adalah untuk sama-sama membawakan Islam yang teduh dan santun,” imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Biro Kesra Provinsi Kepri Aiyub, Kemenag Bintan diwakili M. Hasbi, Ketua MUI Bintan Ali Ahmadi, Camat Bintan Utara Deny Irman Susilo dan Kabag Kesra Kabupaten Bintan Mardiani. (ky/***)

Editor Yusfreyendi

Loading...