Rakor Jelang Lebaran, Bupati Bintan Ingatkan Antrean di Pelabuhan

Loading...

Suarasiber.com – Bupati Bintan Roby Kurniawan memimpin Rapat Koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Rakor Forkopimda) Kabupaten Bintan, Kamis (28/03) di Ruang Rapat II Bandar Seri Bentan.

Rapat ini diadakan dalam rangka membahas kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah dan isu-isu terkait untuk menciptakan situasi dan kondusivitas.

Beberapa poin penting yang menjadi pembahasan dalam pertemuan tersebut di antaranya terkait arus mudik, sarana dan fasilitas, akses jalan, keamanan, antisipasi cuaca ekstrem hingga ketersediaan pangan dan pergerakan harga pasar.

Bupati Bintan menyampaikan bahwa dalam persiapan perayaan Idul Fitri 1445 H, beberapa antisipasi perlu dilakukan terhadap ancaman yang mungkin terjadi selama lebaran. Seperti kecelakaan lalu lintas dan bencana alam.

“Kita tidak berharap yang tidak-tidak, tapi segala sesuatu dan kemungkinan perlu kita antisipasi semaksimal mungkin,” tegas Roby.

Terkait arus mudik, Roby meminta Dinas Perhubungan bersama Satlantas Polres Bintan untuk bersinergi mengamankan lalu lintas termasuk antrean yang diperkirakan akan memadati pelabuhan. Diharapkan koordinasi terus dijalankan dengan sebaik mungkin.

“Kendaraan yang turun naik kapal jangan sampai terhambat apalagi menghambat akses jalan di sekitar,” imbuhnya.

Sementara Dinas Pariwisata dan BPBD diminta bersama-sama mendatangi Resort maupun tempat yang memiliki destinasi wisata pantai agar senantiasa mengeluarkan imbauan. Untuk Dinas Ketahanan Pangan bersama DKUPP, Roby meminta untuk terus dilakukan pemantauan ketersediaan bahan pangan dan lonjakan pergerakan harga pasar.

Selain itu, OPD yang lain juga harus saling bersinergi mengisi setiap kebutuhan yang ada. Puncak arus mudik tahun 2024 diprediksi akan terjadi pada 5-7 April 2024, sedangkan puncak arus balik pada 14-16 April 2024.

Sepanjang periode tersebut, Pemerintah Kabupaten Bintan juga akan melakukan langkah antisipasi di antaranya kesiapan posko Idul Fitri termasuk posko di destinasi wisata yang punya potensi bencana alam maupun cuaca ekstrem.

Menutup rapat tersebut, Roby mengharapkan setiap pihak berwenang dapat menyiapkan dengan baik pelaksanaan Idul Fitri 1445 H dan arus mudik tahun 2024. Semua tentunya sesuai dengan tugas dan wewenangnya masing-masing. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...