free page hit counter

Kajati Kepri dan Bupati Bintan Blusukan ke Tiga Pulau Sosialisasikan Restorative Justice

Loading...

Suarasiber.com – Kajati Kepri, Gerry Yazid bersama Bupati Bintan, Roby Kurniawan turun ke masyarakat di tiga pulau menyosialisasikan restorative justice, Ahad (20/11/2022).

Tiga pulau yang dikunjungi mereka adalah Numbing, Telang Kecil dan pulau sekitarnya. Kajati dan Bupati Bintan duduk bersama dengan masyarakat.

Disampaikan Gerry, proses hukum saat ini tidak lah sama seperti satu atau dua dekade terakhir. Kini Kejaksaan lebih mengedepankan asas musyawarah dalam mufakat untuk menyelesaikan berbagai persoalan ringan yang mestinya masih dapat diselesaikan secara kekeluargaan.

“Jadi sekarang hukum tidak lagi jadi penentu utama menyelesaikan berbagai persoalan. Kita bisa kedepankan azas kekeluargaan. Itu yang orang tua kita dulu kerjakan dan itu yang namanya restorative justice,” jelasnya.

Sementara Bupati Roby menjelaskan jika kunjungan kali ini merupakan lanjutan dari sosialisasi restorative justice. Dengan begitu, ia mengharapkan masyarakat Bintan melek hukum dan memahami apa itu restorative justice.

“Restorative justice memberi manfaat luar biasa kepada masyarakat khususnya masyarakat kecil yang kadang awam terhadap aturan hukum. Jadi jangan ada lagi yang takut untuk bertanya dan berkonsultasi dengan hukum, kita punya Kejaksaan yang selalu siap memberi pendampingan dan penjelasan,” pungkasnya. (machfut)

Editor Yusfreyendi

Loading...