Tekan Harga Pasar, Pemkot Tanjungpinang Gelar Pangan Murah di Halaman Parkir Areca

Loading...

Suarasiber.com – Ratusan warga Tanjungpinang mengunjungi gerakan pasar murah yang dihelat oleh Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Kota Tanjungpinang, di halaman Parkir Areca Batu IX, Jalan Handjoyo Putro, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Sanin (26/6/2023).

Mereka berburu komoditas bahan pangan yang dijual lebih murah dibandingkan harga pasar.

Evi salah satu pengunjung gerakan pasar murah yang diprakarsai oleh Pemkot Tanjungpinang ini.

Harga yang lebih murah menurutnya membantu masyarakat yang berada di ekonomi kelas menengah ke bawah.

“Saya lihat harganya murah, saya beli salai tongkol di sini harganya cuma Rp28 ribu. Biasanya Rp35 ribu. Sedangkan beras Bulog Premium hanya dijual seharga Rp45 ribu per 5 kilogram,” terangnya.

Ia pun berharap, kepada Pemkot Tanjungpinang agar sering melakukan kegiatan pasar murah yang dinilai sangat membantu masyarakat kurang mampu ini.

“Kalau bisa sering-sering dilakukan. Karena selisih harganya lumayan membantu kami,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, S.IP.,M.M, mengatakan, kegiatan gerakan pasar murah ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menekan harga pasar terutama menjelang Idul Adha 1444 Hijriah.

“Kegiatan ini dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan di Tanjungpinang,” kata Rahma saat meninjau ke pedagang yang ada di Gerakan Pasar Murah.

Ia pun tampak mengecek satu-persatu terhadap pedagang yang menjual komoditas, untuk memastikan barang dagangan yang dijual harus di bawah harga pasar.

“Tadi sudah kita cek, alhamdulillah harganya jauh lebih murah, mudah-mudahan pasar murah ini bisa membantu masyarakat Tanjungpinang,” terangnya.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan (DP3) Kota Tanjungpinang, Yoni Fadri nengatakan, kegiatan gerakan pangan murah ini dilakukan serentak secara nasional yang diprakarsai Badan Pangan Nasional.

“Nantinya juga akan dimasukkan ke dalam Rekor MURI. Bintan, Pemprov juga bikin,” sebutnya.

Di kegiatan ini, pihaknya telah melibatkan beberapa pelaku UMKM dan distributor-distributor termasuk Hypermart.

“Kami harap kepada seluruh masyarakat agar bisa memanfaatkan momen gerakan pangan murah ini. Karena di kegiatan ini, harga komoditas barang tentunya jauh lebih murah dibandingkan harga pasar,” tuturnya. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...