Pengendalian Inflasi Tanjungpinang Jadi Perhatian Anggota Apeksi

Loading...

Suarasiber.com – Keberhasilan Pemerintah Kota Tanjungpinang yang secara konsisten mampu mengendalikan inflasi, menjadi pembicaraan menarik para wali kota pada Rapat Kerja Komwil 1 Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Apeksi), di Batam, 13 – 15 Juni.

Wali Kota Tanjungpinang yang juga Wakil Ketua Komwil I, Hj. Rahma, S.IP, MM mengatakan keberhasilan itu turut dipengaruhi oleh penguatan program pembangunan ekonomi kerakyatan melalui beberapa kegiatan yang mampu menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat.

Ia berharap diselenggarakannya rapat yang mempertemukan pejabat dari Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau ini, mampu saling mendukung pertumbuhan ekonomi di daerahnya masing-masing.

Rahma sendiri berkesempatan menyampaikan program dan kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk mengendalikan inflasi.

Beberapa kali, pemerintah Kota Tanjungpinang diapresiasi pemerintah pusat karena dinilai serius, dan mampu mengendalikan inflasi.

Terakhir, Kota Tanjungpinang berada di posisi terbaik wilayah Sumatera dan peringkat kedua terbaik secara nasional dalam pengendalian inflasi bulan Mei tahun 2023.

Pembangunan ekonomi kerakyatan melalui bantuan peralatan industri bagi IKM, peralatan pendukung bagi UMKM, bantuan bibit ternak dan pertanian, peralatan pertanian dan perikanan, kemudahan perizinan dan fasilitasi pemasaran produk, secara masif dilaksanakan pasca pandemi covid-19. Program yang gencar dilakukan pemko tersebut, terbukti mampu menciptakan keseimbangan antara tingkat permintaan dan kebutuhan masyarakat dengan ketersediaan produk.

Kota Batam sendiri, dinilai merupakan kota dengan pertumbuhan investasi yang menonjol di wilayah Komwil I. Dua puluh empat pemerintah kota yang tergabung dalam Komwil 1 Apeksi, menandatangani perjanjian kerja sama untuk saling memperkuat pembangunan, investasi, dan pengendalian inflasi di daerah. (***/masjai)

Editor Yusfreyendi

Loading...