Kapal Perang Mutakhir Diturunkan untuk Amankan KTT ASEAN

Loading...

Suarasiber.com – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengerahkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) di perairan Labuan Bajo NTT, yang tergabung dalam Satuan Tugas Laut (Satgasla).

Hal ini dilakukan untuk mengamankan rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada tanggal 9 sampai 11 Mei 2023 mendatang. Persiapan yang dilakukan di kapal perang dilaksanakan Ahad, tanggal 7 Mei 2023.

Dalam pengamanan VVIP KTT ASEAN 2023 ini, kapal perang yang disiagakan ialah KRI dr Soeharso-990, KRI dr Wahidin Sudirohusodo-991, KRI Banjarmasin-592, KRI Diponegoro-365, KRI Teluk Youtefa-522, KRI Sultan Nuku-373, KRI Terapang-648, KRI Tarakan-905 dan KRI Tongkol-813.

Unsur unsur Satgasla selain sebagai unsur SAR, evakuasi VVIP, evakuasi medis, juga untuk menutup peluang penyusupan ancaman keamanan yang datang dari dan lewat laut.

KRI dr. Wahidin Sudiro Husodo-991 sanggup menangani emergensi medis, memiliki peralatan setara rumah sakit Tipe B dengan peralatan medis yang memadai. Kapal ini dapat menangani jika ada peserta KTT atau personel pengamanan yang sakit atau memerlukan penanganan medis.

Selain KRI, Satgasla juga mengerahkan armada tercanggihnya Heli Panther untuk menangani evakuasi udara. (***)

Editor Ady Indra P

Loading...