Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Domestik Sekupang dan Sri Bintanpura

Loading...

Suarasiber.com – Suasana mudik sudah terasa di Pelabuhan Domestik Sekupang, Kota Batam di 6 hari menjelang Idul Fitri 1444 H tahun 2023.

Pemudik didominasi tujuan Tanjungbalai Karimun, Selat Panjang, Buton (Siak), Bengkalis dan Dumai.

Mengutip kabarbatam.com, Senin (17/4/2023), Penasihat Pelra Kota Batam, Asmadi menjelaskan untuk menghadapi arus mudik lebaran 2023 ini, khusus tujuan Batam-Dumai pihaknya mempersiapkan 4 unit armada kapal.

Kemudian, tujuan Buton 3 unit kapal untuk diberangkatkan setiap harinya.

Menurut Asmadi, diperkirakan puncak arus mudik terjadi pada H-3 lebaran dan tidak menutup kemungkinan 99 persen armada kapal yang telah disiapkan terisi penuh. Kapal-kapal tujuan Dumai ini nantinya akan melayani rute Batam-Tanjung Balai Karimun, Selat Panjang, Bengkalis dan Dumai.

“Sejak sepekan terakhir, jumlah pemudik diperkirakan mencapai 2000 an orang. Biasanya, hanya 120 orang tujuan Dumai kini sekali berangkat mencapai 300-400 orang,” ungkapnya.

Lanjut, Asmadi menyampaikan, puncak arus mudik lebaran diperkirakan terjadi pada tanggal 18 April hingga 20 April 2023. Pemudik ini didominasi tujuan kampung halaman ke Pulau Sumatera.

“Puncak arus mudik lebaran diperkirakan terjadi pada tanggal 18 April hingga 20 April. Tujuan Buton diperkirakan jumlah pemudik mencapai 800 orang dan tujuan Dumai diperkirakan 1.000 pemudik setiap harinya,” pungkasnya.

Kepadatan juga terlihat di Pelabuhan Sri Bintanpura, Tanjungpinang. Pada Ahad (16/4/2023) siang, penumpang dengan tujuan Kabupaten Lingga.

Pantauan suarasiber.com, antrean terlihat sangat padat. Bahkan saat memasuki kapal, jarak antar penumpang sangat rapat.

“Kalau besok besok pasti semakin ramai, makanya kami memilih balik sekarang,” jelas Ida sambil berjalan memasuki kapal. (***/syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...