Pemkab Karimun Jaga Tradisi Safari Ramadhan untuk Jaga Silaturahmi dengan Masyarakat

Loading...

Suarasiber.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menjaga dan melestarikan budaya Safari Ramadan. Kegiatan ini menjadi agenda tahunan, dilaksanakan setiap datang bulan Ramadan.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq, Wakil Bupati Anwar Hasyim, Sekda Muhammad Firmansyah dan pejabat lainnya terbiasa berkeliling dari satu masjid ke masjid lain di berbagai kampung.

Selain salat tarawih berjemaah, biasanya kesempatan ini dimanfaatkan juga untuk menggali beragam informasi dari masyarakat secara langsung.

Pada Ramadan tahun 2023 ini, kembali para pejabat tersebut melakukan Safari Ramadan.

Bupati Karimun Aunur Rafiq menyampaikan ceramah agama saat Safari Ramadan.

Seperti dilakukan oleh Bupati Aunur Rafiq yang bertemu dan bersilaturahmi dengan warga di dua tempat di Kundur.

Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama rombongan melakukan Safari Ramadhan di Masjid Hijir Ismail Islamic Center Kundur, Sabtu (8/4/2023).

Di masjid ini, Bupati Karimun melaksanakan salat Tarawih bersama masyarakat setempat. Usai melakukan salat Tarawih, Bupati menyerahkan bantuan paket sembako kepada masyarakat dan bantuan kepada pengurus masjid.

Dalam sambutannya, Bupati mengimbau masyarakat agar menjaga sebaik mungkin ibadah di bulan Ramadhan agar puasa yang dilaksanakan selama sebulan penuh tidak sia-sia.

Dalam ceramahnya Bupati mengajak umat Islam untuk menjadikan Alquran sebagai petunjuk dan pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

“Selain bisa membaca Alquran, umat muslim harus mengamalkan dan memahami isi yang terkandung di dalam Alquran,” kata Bupati Karimun.

Bupati Karimun Aunur Rafiq menyampaikan ceramah agama saat Safari Ramadan.

Bupati berharap peringatan Nuzulul Qur’an hendaknya jangan hanya seremonial belaka, tapi jadikan sebagai momentum untuk menjadikan Alquran sebagai petunjuk dan pedoman dalam kehidupan kita.

“ Di Kabupaten Karimun sudah mulai bertumbuhan para penghapal Alquran (hafiz-hafizah), seiring banyaknya berdiri TPQ, DTA, Ponpes dan rumah tahfiz,” katanya.

Sebelum melakukan Safari Ramadan di Masjid Hijir Ismail Islamic Center Kundur ini, Bupati bersama rombongan melakukan Safari Ramadan di Masjid Besar Nurussalam.

Di Masjid Besar Nurussalam, Bupati Karimun juga menyerahkan bantuan berupa paket sembako kepada masyarakat dan melaksanakan salat Magrib berjamaah.

Tradisi Safari Ramadan juga dilakukan Wakil Bupati Anwar Hasyim. Saini ialah Masjid Ma’nawiyah, Kelurahan Tanjung Berlian Kota, Kecamatan Kundur Utara, Kabupaten Karimun, Sabtu (25/3/2023).

Malam keempat Ramadhan 1444 Hijriah ini Wabup Anwar tampak didampingi Kadis Pertanian, Sukrianto Jaya Putra, Kadis Perindag, Basori, Kabag Perbatasan, Didi Irawan, Kaban Kesbangpol, Jefridin, serta rombongan dari berbagai unsur.

Wakil Bupati Karimun menyampaikan ceramah agama saat Safari Ramadan.

Wabup Anwar menjelaskan, program Safari Ramadan yang digelar Pemda Karimun bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi bersama dengan elemen masyarakat
.
“Tujuan safari ini adalah bagaimana kita untuk menjalin silaturahmi, apalagi kami melalui program ini jarang kami bisa bersama dengan jemaah di luar Ppulau Karimun,” ujarnya.

Kemudian, ia juga berpesan agar masyarakat dapat meningkatkan kualitas ibadah di bulan Ramadan ini, karena masih diberikan kesempatan umur.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Anwar juga memberikan bantuan kepada Imam, Bilal, dan Khatib Masjid Ma’nawiah.

Sementara pada Kamis (13/4/2023) Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Karimun Muhammad Firmansyah melaksanakan Safari Ramadan 1444 H di Masjid Nurul Huda Paret Senang Kecamatan Kundur Utara dan Masjid Al-Istiqomah Kampung Baru Sawang Kecamatan Kundur Barat.

Pada kunjungan safari Ramadhan itu, Sekda Karimun menyerahkan bantuan kepada petugas masjid yang dikunjunginya tersebut.

Wakil Bupati Karimun Anwar Hasim duduk bersama jemaah lain.

Pada sambutannya, Firmansyah mengajak, masyarakat muslim di Bumi Berazam beribadah dan memanfaatkam momen ramadhan 1444 H untuk menjalin silaturahmi.

“Sesungguhnya dengan bersilaturahmi dapat memperpanjang umur dan mempermudah rezeki,” ucap Firmansyah.

Firmansyah juga menyampaikan bahwa kegiatan rutin safari selama ramadhan oleh Pemkab Karimun disamping bertujuan silaturahmi juga untuk mengetahui apa yang menjadi keluhan bagi masyarakat.

Safari Ramadan bagi pemimpin Kabupaten Karimun adalah momen yang dinantikan. Setiap tahun mereka datang menemui masyarakat.

Pada tahun sebelumnya, Ramadan 2022, salah satu masjid yang dikunjungi rombongan Bupati Karimun Aunur Rafiq ialah Masjid Al-Munawwarah di Desa Ngal, Kecamatan Ungar pada Selasa (6/4/2022).

Seperti biasa, kedatangan rombongan Safari Ramadan Aunur Rafiq disambut hangat masyarakat setempat beserta unsur perangkat desa.

Sama halnya dengan agenda Safari Ramadan di lokasi-lokasi lain yang dikunjungi, Aunur Rafiq sebelum melaksanakan salat tarawih lebih dulu menyerahkan bantuan berupa insentif kepada pengurus masjid dan sembako bagi masyarakat sekitar.

Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun, Muhammad Firmansyah menyampaikan ceramah agama.

Aunur Rafiq dalam sambutannya menyampaikan bahwa kunjungan safari Ramadhan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antara pemerintah daerah dan masyarakat.

“Kami tim safari berada di sini untuk menjalin hubungan silaturahmi. Semoga kehadiran kami ini silaturahmi dapat terus terjalin dengan baik,” ujar Aunur Rafiq.

Aunur Rafiq juga mengaku sangat bersyukur dapat kembali bersilaturahmi dengan masyarakat di momentum safari ramadhan yang pada tahun sebelumnya tidak dilaksanakan karena masih tingginya kasus Covid-19.

“Saya sangat senang dan bersyukur bisa kembali bersilaturahmi dengan masyarakat di momentum safari ramadhan ini, inilah momen yang begitu dinantikan di bulan suci ramadhan,” kata Aunur Rafiq. (***/suradi)

Editor Yusfreyendi, Foto – diskominfo karimun

Loading...