Kolam Buatan Efektif Atasi Banjir di Marina

Loading...

Suarasiber.com – Pemkot Batam melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air membuat kolam buatan untuk mencegah banjir di kawasan Marina.

Pembuatan kolam buatan ini dinilai efektif oleh warga yang tinggal di kawasan tersebut.

Melansir metro.batampos.co.id, meski pengerukan untuk membuat kolam buatan belum maksimal dikerjakan namun debit air yang biasanya cukup tinggi kini dapat ditahan.

Kolam buatan ini berada di samping perumahan Graha Mas dan perumahan Renggali Marina. Kolam ini dulunya lokasi resapan air yang sempat dijadikan pemukiman liar.

Belakangan permukiman liar sudah ditertibkan dan dikeruk kembali untuk jadi kolam. Air dari permukiman pemukiman sekitar mengalir ke lokasi kolam itu sebelum keluar ke arah pantai Marina melalui danau panjang atau drainase induk.

Pantauan di lapangan, lokasi jalan di samping kolam buatan itu sudah berkurang dengan genangan air saat hujan lebat sepanjang, Rabu (25/1/2023).

Selama ini, jalan ini tak bisa dilalui warga saat hujan turun lebat. Air yang menggenang cukup tinggi sehingga warga harus berpikir ulang untuk menerobosnya.

Setelah adanya kolam buatan, lalulintas mulai lancar meskipun hujan deras.

Warga setempat mengapresiasi dan berharap agar proyek normalisasi drainase dan upaya mengatasi banjir ini terus berlanjut hingga ke hilir sungai di Marina.

“Kalau bisa pakai batu miring lagi di lokasi drainase yang sudah dikerok ini biar lebih kuat,” ujar Hariadi, warga Marina. (***)

Editor Ady Indra P

Loading...