Capaian Imunisasi Dasar Lengkap di Kepri Turun Drastis Akibat Pandemi

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Kepri H Ansar Ahmad menyampaikan jika capaian Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) Provinsi Kepulauan Riau, dimana capaian IDL mengalami penurunan yang signifikan.

Penurunan itu terlihat dari data, yang semula 96,8% pada tahun 2019 menjadi hanya 89,6% di tahun 2020 dan 81,3% di tahun 2021.

“Hal ini dikarenakan beberapa Posyandu terpaksa ditutup atau dihentikan pelaksanaannya untuk mengurangi atau menghindari penularan dan penyebaran Covid-19,” ujar Ansar.

Kondisi ini disampaikan Gubernur Ansar saat mendampingi Menkes RI Budi Gunadi Sadikin dalam pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 di Gedung Daerah Tanjungpinang, Rabu (18/5/2022).

Gubernur Ansar menambahkan, target capaian kegiatan BIAN selama satu bulan ini adalah sebanyak 24.000 anak lebih, yang tersebar di seluruh Kabupaten dan Kota di Kepri.

Sementara Menkes Budi, selain memberikan penjelasan lengkap tentang tujuan BIAN juga soal perintah kepadanya dari Presiden Jokowi.

“Saya dikasih tiga tugas sama Bapak Presiden,” aku Menkes Budi.

Pertama, kata dia, melaksanakan vaksinasi covid secepat-cepatnya. Kedua, mengatasi pandemi ini supaya masyarakat bisa kembali hidup normal.

“Ketiga adalah melakukan reformasi di sektor kesehatan,” ujar Budi. (ron/zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...