free page hit counter

Menkes Budi Gunadi Beberkan 3 Tugas dari Presiden Jokowi Pada Pencanangan BIAN di Kepri

Loading...

Suarasiber.com – Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 dicanangkan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin di Gedung Daerah Tanjungpinang, Rabu (18/5/2022).

Hal ini menandai pencanangan sama di wilayah Republik Indonesia, luar Jawa dan Bali. Sementara untuk Jawa Bali dilakukan bulan Agustus mendatang.

Pencanangan ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat akan pentingnya BIAN dalam rangka tercapainya target eliminasi campak rubella pada tahun 2023.

Juga mempertahankan Indonesia bebas polio dan dunia bebas polio pada 2026.

Menkes Budi mengungkapkan bahwa pencanangan BIAN ini merupakan salah satu bentuk upaya reformasi sektor kesehatan di bidang layanan promotif dan preventif.

Reformasi kesehatan menjadi salah satu dari 3 tugas utama Menkes Gunadi dari Presiden Jokowi.

“Saya dikasih tiga tugas sama Bapak Presiden,” aku Menkes Budi.

Pertama, kata dia, melaksanakan vaksinasi covid secepat-cepatnya. Kedua, mengatasi pandemi ini supaya masyarakat bisa kembali hidup normal.

“Ketiga adalah melakukan reformasi di sektor kesehatan,” ujar Budi.

Budi menambahkan pembaruan yang diinisasi dalam reformasi tersebut.

Salah satunya penambahan 3 imunisasi wajib dari yang sebelumnya 11 menjadi 14.

Yakni rotavirus untuk anti diare, PCV anti pneumonia dan HPV untuk mencegah kanker serviks.

Pencanangan BIAN tahun 2022 juga disejalankan dengan peluncuran Aplikasi Sehat Indonesiaku (ASIK).

Sementara itu Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad mengucapkan terima kasih dan apresiasi karena Provinsi Kepri dijadikan tuan rumah pencanangan BIAN pertama ini. Menurutnya ini tentu akan memacu semangat memperluas cakupan imunisasi di Kepri.

Menkes Gunadi di akhir acara menyempatkan diri menyapa beberapa Provinsi yang ikut hadir dan melaksanakan BIAN tahap I melalui Video Conference diantaranya Sulsel, NTT, Jambi, Kalbar dan Gorontalo

Kabupaten dan Kota di Kepri juga melakukan gerakan yang sama.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, dan Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina Rudi, mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahun 2022 tingkat Kota Batam di Puskesmas Tanjung Sengkuang, Batuampar.

Di Kabupaten Anambas sendiri, pencanangan itu dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteran Rakyat Sekretariat Daerah Anambas (KKA) Herianto di SD Negeri 001 Tarempa.

Hal serupa juga dilakukan di Bintan, Tanjungpinang, Karimun, Lingga, dan Natuna. (ron/zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...