Ansar Akui Fatwa MUI Tentang Vaksin Bantu Pemprov Kepri Tangani Pandemi

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad mengajak Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kepri untuk terus berperan serta dalam pembinaan keagamaan dan kehidupan umat Islam di Kepulauan Riau.

Keberadaan MUI Kepri dipandang Gubernur sangat penting untuk mengawal akidah umat Islam menyeimbangkan diri dengan perkembangannya zaman.

“Kami pemerintah daerah sangat mengapresiasi atas peran serta MUI Kepri dalam pengawalan kehidupan keagamaandan juga kondusivitas daerah,” ucap Gubernur Ansar saat menghadiri pengukuhan Dewan Pengurus Harian dan Dewan Pertimbangan MUI Kepri di Aula Wan Seri Beni, Dompak, Tanjungpinang, Senin (13/12/2021).

Dewan Pengurus Harian MUI Kepri masa khidmat 2021-2026 resmi dikukuhkan oleh Ketua MUI Pusat Dr. H. Yusnar Yusuf. Menjabat sebagai ketua Dewan Pimpinan MUI Kepri adalah Dr (C). K.H. Bambang Maryono. Sementara sebagai sekretaris umum adalah Drs. H. Edi Safrani dan bendahara umum yaitu Dr. Edy Akhyari.

Gubernur melanjutkan jika selama dua tahun belakangan saat pandemi Covid-19 melanda Kepulauan Riau, MUI Kepri telah banyak membantu pemerintah untuk memberikan penyuluhan dan juga pembinaan kepada masyarakat tentang bahaya Covid-19.

MUI Kepri memang telah banyak mengeluarkan fatwa yang menganjurkan masyarakat untuk mengikuti aturan dan anjuran dari pemerintah. Mulai dari menjaga jarak ketika beribadah di masjid sampai dengan anjuran untuk terus menerapkan protokol kesehatan.

“Terutama sekali dalam vaksinasi, MUI Kepri mendukung penuh upaya pemerintah untuk melindungi masyarakat melalui vaksinasi dengan mengeluarkan fatwa jika vaksin itu aman dan halal,” ucap Gubernur.

Menurut Gubernur, adanya dukungan dari MUI Kepri terkait kehalalan vaksin tersebut bisa meredam keresahan masyarakat dan hal tersebut dibuktikan dengan vaksinasi Kepri yang saat ini sudah mencapai 94 persen.

Di masa mendatang Gubernur Ansar berharap MUI Kepri dapat terus hadir di tengah-tengah masyarakat dan mampu menjadi wadah bagi berkumpulnya alim ulama untuk memberikan jawaban atas berbagai tantangan zaman.

Terakhir Ketua Umum MUI Provinsi Kepri, Bambang Maryono, mengatakan, MUI Kepri akan terus mendukung Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk menjaga persatuan dan juga untuk perbaikan umat.

“Sebagai mitra pemerintah kita harus terus kompak dengan pemerintah, dengan kekompakan dan sinergitas maka menghadapi tantangan apapun akan mendapatkan pertolongan dari Allah SWT,” tuturnya.

Tampak hadir dalam pengukuhan tersebut Wakil Ketua I DPRD Kepri Hj Dewi Kumalasari, perwakilan Forkompinda Kepri, para Asisten Setda Kepri, dan seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemprov Kepri. ***

Editor Ady Indra Pawennari

Loading...