Sirkuit F1 di Bintan, Peletakan Batu Pertamanya Akan Dilakukan Presiden Jokowi

Loading...

Suarasiber.com – Usai memiliki sirkuit Mandalika, Indonesia mengejar lagi dengan membangun sirkui untuk balap mobil Formula 1 (F1).

Pembangunan sirkuit F1 ini berlokasi di Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Rencananya Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan sirkuit F1 yang diberi nama Bintan Internasional Circuit (BIC).

bamsoet dan ansar pegang helm f1
Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Gubernur Kepri Ansar Ahmad memegang bersama helm pembalap F1. Foto – diskominfo

Rencana kehadiran presiden RI ke Bintan ini  disampaikan langsung oleh ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) pusat Bambang Soesatyo yang juga ketua MPR RI pada rapat koordinasi percepatan pembangunnan sirkuit  F1 BIC, Kamis (14/4/2022) di Jakarta.

Seperti dikatakan oleh GM Gallant Venture Frans Gunara, bahwa tahapan demi tahapan progres pembangunan sirkut BIC terus digesa bersama oleh pihak-pihak yang terlibat langsung dengan rencana ini.

Terutama dalam menentukan rencana site plan maupun design sircuit serta model bisnis yang akan di kembangkan nantinya.

Gubernur Kepri H Ansar Ahmad sangat mendukung rencana ini dengan menyiapkan kemudahan regulasi maupun pelayanan perizinan yang di butuhkan. Ansar berharap pemabngunan serkuit BIC ini akan menambah kepercayaan publik, khususnya investor untuk dapat menanamkan investasinya di Kepulauan Riau.

tinton dan andrew bic
Legenda balap Indonesia, Tinton Suprapto dan Konsultan Populous dari Inggris, Mr Andrew. Foto – diskominfo kepri

“Kita berharap, ke depan jumlah kunjungan wisatawan asing dengan hadirnya sirkuit ini akan memberikan multiplier effect dalam percepatan pemulihan ekonomi,” kata Gubernur Ansar.

Turut hadir dalam kesempatan ini GM Gallent venture Frans Gunara, Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Ketua IMI Bambang Soesatyo serta jajaran pengurus, termasuk hadir juga pembina IMI Tinton Suprapto.

Terkait site plane dari rencana sirkuit BIC.  Dalam kesempatan ini telah dipresentasikan rencana persiapannya oleh konsultan Populous dari Inggris, Mr Andrew. Ini merupakan konsultan internasional yang telah banyak mendesain arena motorsport.

Bambang Soesatyo telah berkali-kali rapat di Bintan untuk mematangkan rencana pembangunan BIC. Demikian juga dengan Tinton Suprapto, telah melihat bakal lokasi dibangunnya sirkuit yang diperkirakan seindah Mandalika panoramanya. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...