1.051 Keluarga Miskin Pemilik TV Analog di Tanjungpinang Timur Dapat Bantuan STB

Loading...

Suarasiber.com – Kota Tanjungpinang menjadi satu dari sekian wilayah di Indonesia yang akan menghadapi migrasi tv analog ke digital.

Untuk meringankan beban masyarakat, pemerintah pusat memberikan bantuan set top box (STB) gratis.

Tanjungpinang mendapatkan jatah 1.051 STB yang diserahkan perwakilan PT Pos Indonesia KC Tanjungpinang kepada Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma S.IP, Kamis (14/4/2022).

Bantuan tersebut langsung diserahkan kepada Kecamatan Tanjungpinang Timur. Rinciannya, 218 STB untuk Kelurahan Kampung Bulang, 319 STB Kelurahan Melayu Kota Piring, dan 514 STB Kelurahan Pinang Kencana.

“STB ini akan diserahkan kepada rumah tangga miskin pemilik tv analog yang terdata sesuai dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang diberikan oleh Kementrian Sosial kepada Kementrian Kominfo,” ucap Rahma.

Rahma mengatakan bahwa digitalisasi televisi tidak hanya soal kenyamanan menonton, tetapi juga keamanan di wilayah perbatasan negara khususnya di Kota Tanjungpinang.

Ia berharap masyarakat dapat beradaptasi dan berpartisipasi dalam tahap transisi migrasi ke TV digital.

Sementara itu, Executive General Manager PT. Pos Indonesia KC Tanjungpinang, Dwi Purwanto mengatakan bahwa Pendistribusian STB untuk masyarakat kurang mampu ini dibagikan secara door to door oleh PT Pos Indonesia.

Dwi menjelaskan pembagian STB ini akan berlangsung secara bertahap. Terhitung dari April sampai November 2022 mendatang.

Agar tepat sasaran, pendistribusian dimulai dari tahapan verifikasi data penerima, verifikasi kepemilikan TV analog, penyerahan STB, dan instalasi STB.

“Masyarakat yang memiliki TV analog tidak perlu mengganti memasang televisi baru, tetapi cukup piranti saja, agar masyarakat tetap menikmati siaran TV digital,” ucapnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kadiskominfo Kota Tanjungpinang, Ruli Friady; Camat Tanjungpinang Timur, Dody; Lurah Pinang Kencana, M. Septian Putra Perdana; Lurah Kampung Bulang, Roni Syaputra; Lurah Melayu Kota Piring Balqis Rizky Ananda. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...