Ikan Koi Jepang dan Panduan Membelinya

Loading...

Ikan koi Jepang memiliki kharisma tersendiri. Makanya, meski ikan ini ddentik dengan Negeri Sakura, nyatanya penggemarnya bukan hanya warga Jepang.

Kalau kalian juga memilikinya berarti memang memiliki pesona sendiri untuk digemari. 

Ketika memilih jenisnya yang tepat, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Memang, istilah tepat belum tentu bisa diterapkan pada semua orang,

Tepat bagi kalian belum tentu tepat bagi yang lainnya. Namun, setidaknya panduan ini bisa digunakan secara umum sehingga bisa mendekati kata tepat tadi.

Panduan Membeli Ikan Koi Jepang

Sekarang langsung saja kita mengarah ke topik panduan atau tips bagaimana membeli ikan koi Jepang. Selamat menyimak, kalau kurang jelas silakan acungkan jari tangan ya.

Asal-muasalnya

Ikan koi Jepang berasal dari abad ke-17. Bayangkan sob, abad segitu lho ikan koi udah ada. Sementara belum tentu kalian udah pada lahir.

Awalnya hanyalah ikan mas berwarna cokelat yang hari ini kalian lihat berbeda sekali. KUlitnya memiliki pola dan warna yang benar-benar khas.

Semuanya itu lantaran kepintaran manusia melakukan penyilangan atau pemuliaan selektif. 

Umur rata-rata untuk hewan air ini adalah 20 hingga 30 tahun. Ikan jenis ini mampu tumbuh hingga dua atau tiga kaki panjangnya. Beratnya bisa mencapai 35 pon.

Ada negara yang menjadikan daging ikan koi Jepang sebagai santapan yang lezat. Sementara di belahan negara lain kehadirannya dihargai karena nilai keunikan kulit dan bentukya.

Pertimbangan Membeli Ikan Koi Jepang

Apakah kalian memang sudah membulatkan tekad untuk perang? Eh maksudnya membeli hewan piaraan dan itu adalah ikan koi Jepang?

Mengakulah, rata-rata kalian membeli ikan hiasn ini pasti semata-mata hanya karena berdasarkan kulitnya, bukan?

Padahal bukan hanya soal warna kulitnya. Ada beberapa hal yang mestinya kalian perhatikan.

1. Kualitas Kulit

Pastikan yang kalian pilih akan memiliki pengaruh pada bagaimana menilai kualitas kulit mereka. Secara keseluruhan, kulit harus mengkilap dan cerah. 

Semua ikan ini idak memiliki sisik. Tidak ada sisik yang terlihat pada Doitsu Koi, namun demikian ikan koi yang kalian pilih harus memiliki tingkat kecerahan dan bersih.

2. Bentuk Tubuh

Sebenarnya, seperti apa sih ikan koi Jepang yang bisa disebut sebagai ikan yang sehat? Jawabannya adalah sebagai berikut:

  • Mereka harus indah simetris
  • Mereka harus memiliki tubuh tipis dengan bentuk ramping
  • Ikan koi yang sehat akan memiliki kepala yang lebar dan panjang
  • Tubuh ikan Koi yang sehat tidak boleh memiliki kelainan bentuk: yaitu, bekas luka, inden, benjolan, atau benjolan yang tidak biasa. Semua ini bisa menjadi tanda pertama dari sebuah masalah. 
  • Tidak ada jenis kerusakan pada sirip mereka, seperti fraying. 
  • Sirip pada ikan Koi yang sehat harus dalam kondisi luar biasa.

3. Warna dan Pola

Sekarang kita bicara pada hal yang menyangkan bagi sebagian orang yang tertarik dengan ikan koi Jepang. Ada lebih banyak pilihan daripada yang bisa dibayangkan ketika membahasnya. Mari kita bicara tentang penampilan pola dan warna itu sendiri.

Terlepas dari warna atau pola yang Anda pilih, yang harus kalian cermati ialah:

  • Tidak ada area yang pudar
  • Warna harus kuat, kaya, dan dalam
  • Pola dan warna harus, di seluruh ikan, bahkan
  • perlu diingat ketika ikan semakin tua, pola dan warnanya juga berkembang dan berubah.

Seperti disebutkan di atas, pasti ada diantara kalian yang membeli koi Jepang hanya karena tampilannya yang keren.

Di bawah ini adalah pola kulit ikan koi Jepang yang bisa kalian jadikan pedoman:

  • Goshiki – ikan ini terdiri dari putih, hitam, biru tua, biru, dan merah. Sementara sisiknya berwarna biru dengan warna lain berpola, tubuh umumnya berwarna putih.
  • Hariwake – pola oranye atau kuning di seluruh tubuh platinum.
  • Asagi – merah di sirip dada dan perut, kepala biru pucat, reticulated, sisik biru-abu-abu pada tubuh.
  • Bekko – dengan bintik-bintik berlari ke belakang, latar belakangnya putih, merah, atau kuning.

Penting untuk Diperhatikan

Untuk berkembang secara normal, dibutuhkan air berkualitas tinggi. Hewan memesona ini akan merasa seperti di rumahnya sendiri di kolam dengan kapasitas air minimal 1.000 galon. 

Apakah kolam sudah dipagar sehingga nggak ada pencuri masuk? Tetapi tataplah angkasa, sangat terbuka. Dan di atas sana ada pemangsa bernama burung. Jika memang dibutuhkan, belilah jaring pengaman dari serangan burung pemangsa.

Jika di kota kalian terdapat komunitas, silakan bergabung. Tanyakan atau diskusikan segala hal yang ditemukan pada hewan piaraan kalian tedi.

Semoga artikel mengenai ikan koi Jepang ini berguna di saat kalian membelinya. ***

Loading...